Pesta Rakyat Simpedes 2022 Hadirkan Edukasi Bisnis dan Literasi Digital Bagi UMKM dan Masyarakat di Bandar Lampung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar rangkaian acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 yang dilaksanakan di Kota Bandar Lampung. Acara yang dilaksanakan pada hari ini tanggal 23 hingga 25 September 2022 di Lapangan Saburai Bandar Lampung merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2008 oleh BRI sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang literasi digital dan keuangan agar masyarakat semakin familiar dengan transaksi digital, khususnya dalam aktivitas pembayaran dengan menggunakan QRIS.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Regional CEO BRI Kanwil Bandar Lampung yang diwakili Muhammad Abduh Tuasikal selaku Regional Operational Head BRI Kanwil Bandar Lampung “Pesta Rakyat Simpedes 2022 yang diselenggarakan di Lampung sebagai kota ke-7 ini merupakan acara tahunan oleh BRI yang mengusung tema Pede Memimpin Perubahan.

“Dengan adanya acara PRS ini tentunya kita memberikan tempat promosi kepada para UMKM untuk memperluas pasar mereka dan juga agar dikenal oleh banyak orang, lalu kita harapkan juga ini menambah pendapatan bagi UMKM itu sendiri, serta bisa memanfaatkan teknologi digital dalam transaksi dan bisa mengelola keuangan secara digital,” ujar Muhammad Abduh Tuasikal dalam jumpa pers dengan awak media, Jumat (23/9/2022).

Pesta Rakyat Simpedes BRI Hadir Mengedukasi UMKM di Kota Bandar Lampung

Pesta Rakyat Simpedes 2022 ini menghadirkan berbagai edukasi seputar bisnis dan UMKM yang diselenggarakan dalam bentuk Kelas UMKM, workshop, dan talkshow interaktif.

Kegiatan edukasi UMKM ini hadir secara langsung pada gelaran PRS BRI Lampung dengan berbagai tema edukasi yang menarik, seperti manajemen finansial pada UMKM, digital marketing, product development, dan juga bagaimana cara mengatur keuangan agar memiliki bisnis yang berkembang. Para narasumber juga dihadirkan dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda dari profesional, coach bisnis dan keuangan, hingga akademisi.

BACA JUGA :  Shell Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Shell Recharge, di Mal Pacific Place

BRI juga ikut mendorong pada sosialisasi transaksi digital, untuk dapat hadir dan turut serta dalam Pesta Rakyat Simpedes 2022 ini para pengunjung hanya perlu melakukan pembayaran senilai Rp. 1,- melalui scan QRIS melalui aplikasi BRIMO di ticket box yang telah disediakan. Selain itu, para pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS untuk segala bentuk transaksi di seluruh booth UMKM selama acara ini berlangsung. Hal tersebut diharapkan agar dapat memudahkan proses transaksi non-tunai, mengedukasi masyarakat, dan mengurangi penggunaan uang fisik.

Acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 hadir dengan mengacu pada 6 Pilar utama yakni, Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Pawai sebagai sarana literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi dan disertai oleh kemeriahan pawai budaya. Panggung yang dimeriahkan oleh deretan artis tanah air maupun lokal yakni Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Kahitna, Yenni Inka, Mas Karyo, dan Mawar Pantura. Selain itu juga ada Panggung Masak, Panggung Tawa, Panggung Ilmu, dan Zumba.

Pasar menghadirkan produk-produk terbaik dari UMKM binaan BRI. Panen yang merupakan acara undian hadiah Simpedes dan doorprize bagi para pengunjung. Pojok X’sis sebagai area bagi pengunjung untuk mengaktualisasi diri dan menambah pengetahuan mengenai berbagai aktivitas seni dan olahraga, dan kegiatan lainnya. Selain itu, juga terdapat pengenalan Digital Banking Experience.

Peduli melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan potong rambut gratis.

Di hari pertama ini, menampilkan berbagai macam program yang dimulai dari E-Sport Competition yang diikuti 64 tim dari komunitas-komunitas E-Sport di Bandar Lampung. Selain itu, pada program mini stage menampilkan band competition, karaoke challenge, undian menara keberuntungan, hingga penampilan stand up comedy.

BACA JUGA :  PPN Wilayah Lampung Kampanyekan Gerakan Makan Telur Pada Kunjungan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Pasar Kangkung Bandarlampung

Kegiatan hari pertama ini, ditutup oleh penampilan musisi lokal Mas Karyo, dan penampilan Kangen Band pada panggung utama. Para pengunjung juga bisa mengunjungi booth UMKM yang tersedia pada area UMKM mulai pukul 13:30 WIB hingga kegiatan selesai yang menampilkan berbagai macam bazar yang menjual kerajinan, oleh-oleh, serta aneka makanan dan minuman.

Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI.

Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.***