Energy Fest 2022, Kolaborasi Kementrian ESDM dengan Himatro Unila

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unila, Dr. Eng. Ageng Sadnowo S.T., M.T. secara resmi membuka Energy Fest tahun 2022 yang diselenggarakan pada Minggu pagi (09/10/2022) melalui kerjasama antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Lampung (Himatro Unila). Acara Ini diselenggarakan di Ruang Aula Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Dalam kegiatan Energy Fest 2022, Himatro Unila menjadi kolaborator penyelenggaraan kegiatan ini dengan bekerjasama dengan mahasiswa Teknik Elektro yang mengikuti kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di Kementerian ESDM. Adapun bentuk kegiatan dari Energy Fest ini adalah seminar dengan pemateri dari KESDM serta Praktisi EBTKE dan Dosen Jurusan Teknik Elektro yaitu Ir. Khairuddin, S.T., M.Sc., Ph.D.

Dalam pelaporan kegiatan Energy Fest, Khoiria Oktaviani sebagai biro KLIK ESDM mengatakan kegiatan Energy Fest ini dapat terlaksana berkat salah satu mahasiswa Teknik Elektro yaitu Fatur Rahman yang mengikuti MBKM di Kementerian ESDM. Mahasiswa ini aktif di kegiatan MBKM ini dan mengetahui terdapat bahwa Kementerian ESDM memiliki program kegiatan Energy Fest.

Fatur menginisiasi kegiatan ini kepada Kementerian ESDM sehingga dapat terlaksana Energy Fest di Unila dengan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Lampung.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 3 FT Unila Ageng Sadnowo menuturkan terima kasih kegiatan Energy Fest ini dapat memaparkan mengenai Transisi Energi Melalui Energi Baru Terbarukan dan Efisiensi Energi.

Selanjutnya, dia menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan positif untuk mahasiswa Universitas Lampung terkhusus Fakultas Teknik.

Jumlah 100 peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa Universitas Lampung, Poltekkes Tanjung Karang, dan perguruan tinggi lainnya. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena KESDM selain memberikan pemaparan yang menarik dan informatif, juga menyiapkan berbagai door prize untuk peserta.

BACA JUGA :  Tenggelam Saat Mencari Ikan di Sungai Kedung Mayit Raman Utara, Tim SAR Gabungan Evakuasi Hernowo Dalam Keadaan Meninggal Dunia

Dalam kegiatan ini, ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Unila Bagus Hendrawan juga menyampaikan mahasiswa berperan dalam mendorong efisiensi energi, yaitu dengan cara menggunakan transportasi umum dan membiasakan berjalan kaki jika ingin bepergian dalam jarak yang dekat.

Selain itu, Bagus menambahkan untuk mahasiswa S1 dapat berperan pula dalam Mendorong Transisi Energi melalui Energi Baru Terbarukan dan Efisiensi Energi dengan cara menuangkan gagasannya dalam beberapa perlombaan inovasi untuk mahasiswa seperti PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) dan perlombaan gagasan inovasi.***