HETI Project Universitas Lampung Gelar Workshop Penulisan Publikasi

KRAKATO.ID, BANDARLAMPUNG — HETI Project PIU Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Workshop Penulisan Publikasi ilmiah sebagai bagian dari kegiatan Capacity Development.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., ini berlangsung di Hotel Novotel, Bandarlampung, selama dua hari, 24 hingga 25 November 2022.

Dalam sambutannya, Prof. Murhadi menyampaikan pentingnya publikasi ilmiah untuk diimplementasikan para peneliti pada jurnal-jurnal bereputasi internasional sebagai diseminasi hasil penelitian secara luas.

Ketua pelaksana kegiatan Dr. dr. Fitria Saftarina, S.Ked., M.Sc., mengatakan, acara ditujukan utamanya bagi para peneliti yang saat ini telah melaksanakan penelitian didanai skema riset HETI serta peserta lain dengan target peserta 100 orang.

Panitia penyelenggara juga menghadirkan empat narasumber yaitu Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si., Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., dr. Vitri Widyaningsih, M.S., Ph.D., dan dr. Chyntia Olivia Maurine Jasirwan, SpPD-KGEH, Ph.D.

“Keempatnya dinilai kompeten dalam bidangnya karena telah banyak menerbitkan publikasi pada jurnal-jurnal internasional bereputasi tinggi. Kami berharap, workshop ini dapat membantu meningkatkan kualitas publikasi dari hasil risetnya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinatior Capacity Development pada PIU HETI Project Unila dr. Dwi Indria Anggraini, S.Ked., M.Sc., Sp.KK., menyampaikan, kegiatan ini adalah bagian dari Capacity Development yang merupakan kelanjutan dari kegiatan riset yang didanai HETI Project Unila.

Prof. Khairurrijal yang juga selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Insitut Teknologi Sumatera, berbagi pengalaman berupa best practice dalam menulis artikel ilmiah yang baik dan tips sukses menerbitkan artikel ilmiah di jurnal bereputasi internasional.

Begitu pula narasumber lainnya, Prof. Abdurrahman yang memaparkan teknik-teknik dalam mempersiapkan dan menyajikan data penelitian dalam suatu artikel ilmiah.

BACA JUGA :  Dibuka Kakanwil Sorta Delima Lumban Tobing, Dirkamtib Supriyanto Beri Penguatan Intelijen Pemasyarakatan di Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung

Pada topik lain, tata cara dan prosedur dalam menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi ilmiah disajikan dr. Vitri Widyaningsih, serta bagaimana menuliskan dan menjadi produktif dalam menulis hasil-hasil penelitian klinis disampaikan dr. Chyntia Olivia Maurine Jasirwan.

Pada pertemuan itu, para peserta menyampaikan apresiasi positif atas kegiatan ini terutama dalam meningkatkan kemampuan peneliti untuk menulis dan menerbitkan hasil risetnya pada jurnal-jurnal internasional bereputasi.***