Ketua FKUB Lampung Dr. Moh Bahruddin Pimpin Deklarasi Damai Umat Beragama

KRAKATOA.ID, METRO —- Jalan Sehat Kerukunan yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama ( Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung dalam rangka Hari Amal Bhakti ke 77 Kementrian Agama RI tahun 2023 juga melaksanakan Deklarasi Damai Umat Beragama oleh Tokoh Lintas Agama, Pemuda Lintas Agama dan dan seluruh Aparatur Nipil Negara (ASN) Kemenag berkomitmen untuk menjaga Kondusivitas dan Kerukunan Kehidupan Beragama di provinsi Lampung Sabtu, (14/1) di Lapangan Samberpark Metro.

Deklarasi Damai ini dipimpin oleh Ketua FKUB Provinsi Lampung Dr. Moh Bahruddin, MA, didampingi perwakilan para tokoh lintas agama dari Hindu, Kristen, Katolik dan Buddha.

Ketua FKUB Provinsi lampung menyampaikan, dalam menghadapi tahun politik umat beragama harus cerdas menanggapi isu isu yang berkembang yang akan memecah belah umat, hindari segala bentuk kebencian jangan mudah terprovokasi dengan hal hal yang akan mengganggu kerukunan.

“Saya berharap agar umat terus tingkatkan wawasan, sikap mental dan pemahaman terhadap ajaran agama serta tingkatkan kedewasaan berpikir, supaya tidak terjebak dalam sikap eksklusifisme. Para tokoh lintas agama menjadi pioner dalam menyampaikan pesan pesan kebenaran melalui bahasa agama yang santun. Pernyataan sikap ini artinya tokoh agama telah berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada umatnya masing masing untuk tetap teguh dalam memelihara kedamaian sehingga kelak Pemilu damai dapat terwujud dan dapat terpilih pemimpin yang benar benar sesuai hati nurani umat, memiliki integritas tinggi, menjadi panutan umat dan memiliki komitmen nengutamakan untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara,” terang Bahruddin.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung Puji Raharjo mengatakan, deklarasi damai ini memberi pesan yang sangat kuat tentang pentingnya saling berbuat baik dan terus menjaga kedamaian, “Ini patut diapresiasi, naskah ini sebagai upaya antisipasi untuk pesta demokrasi mendatang.”

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Kapolri: Vaksinasi, Disiplin Prokes dan Kurangi Mobilitas

“Segala hal yang baik ada dalam agama. Jangan agama sampai digunakan untuk hal yang buruk, memecah belah, dan menebar kebencian. Agama justru mengajarkan umatnya tentang cinta kasih dan memuliakan Tuhan yang sangat baik kepada kita. Tuhan mengajarkan hal baik kepada kita dan menginginkan kita berbuat baik,” tuturnya.

Berikut naskah Deklarasi Damai Umat Beragama

Kami, tokoh lintas agama, pemuda lintas agama, dan ASN Kementerian Agama, dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023 menyatakan untuk:

1. Memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia;
2. Mengukuhkan Gerakan Moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang Rukun dan harmonis;
3. Menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik; dan
4. Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadat sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yang tertuang dalam Undang-Undang Pemilu.

Setelah pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan naskah deklarasi kerukunan umat beragama oleh FKUB Provinsi Lampung dengan disaksikan Sekda Provinsi Lampung, Wakil Walikota Metro, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Rektor IAIN Metro, Forkopimda Provinsi Lampung dan Kota Metro, Kepala Loka Diklat Bandar Lampung.***