Sambut Hari Raya Nyepi dan Puasa Ramadan, FKUB Lampung : ‘Perkuat Kerukunan Intern dan Antar Umat Beragama’

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Tidak lama lagi, tepatnya pada tanggal 22 Maret 2023 umat Hindu akan merayakan Hari Raya NyepiTahun 1945 Caka. Sehari kemudian, tanggal 23 Maret 2023 umat lslam akan mulai menjalankan ritual puasa Ramadan 1444 H selama satu bulan penuh.

Sehubungan dengan momentum pelaksanaan dua ritual umat beragama yang berdekatan tersebut, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung menyampaikan imbauannya.

Ketua FKUB Provinsi Lampung Dr. Mohammad Bahruddin, M.A., menyerukan agar seluruh urnat beragama di Provinsi Lampung memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama, dengan menjaga sikap saling pengertian, saling menghormati dan menghargai kesetaraan dalam menjalankan ajaran agamanya masing-masing.

“Sebab beragama dan beribadah merupakan hak asasi setiap warga negara dan kerukunan antar umat beragama merupakan pilar kerukunan, persatuan dan kesatuan nasional,” katanya dalam press release yang diterima Krakatoa.id, Minggu (19/3/2023).

Menurut Dr. Mohammad Bahruddin, khusus pada bulan suci Ramadan, kiranya seluruh warga masyarakat dapat mewujudkan suasana keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif bagi orang yang sedang berpuasa dengan tidak makan, minum dan atau merokok di tempat umum.

“Kepada para pemilik rumah makan, padagang makanan dan minuman juga diimbau untuk
dapat menata tempat berdagangnya, tidak berdagang secara terbuka, sehingga tidak
mengganggu kekhusukan umat yang sedang berpuasa,” pungkasnya.***

BACA JUGA :  Kakanwil Sorta Tinjau TPS di Lapas Kelas I Bandar Lampung