Sepakat Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolres Gelar Pertemuan Dengan FKUB dan Tokoh Agama Lampung Timur

KRAKATOA.ID, LAMPUNG TIMUR — Polres Lampung Timur Polda Lampung gelar pertemuan dengan FKUB Kabupaten Lampung Timur terkait peristiwa perusakan Gereja Santo Paulus di Desa Sidorahayu Kecamatan Waway Karya, Lampung Timur, beberapa waktu yang lalu.

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution mengungkapkan, sengaja mengumpulkan tokoh agama yang ada di Waway Karya dan sekitarnya, terkait adanya kejadian pengerusakan di salah satu tempat ibadah.

“Terlepas dari apapun motivasi pelaku, saya tidak bisa menyampaikan bahwa dia gangguan jiwa atau tidak karena yang punya kapasitas itu adalah dokter ahli kejiwaan, dan saat ini pelaku sedang menjalani proses observasi di RS Jiwa Kurungan Nyawa Pesawaran,” kata Kapolres (26/7/2022).

“Yang perlu kita pahami bersama bahwa kejadian ini jangan dianggap remeh atau enteng karena jika ada orang yang berniat memprovokasi itu sangat mudah, mari kita sama-sama menjaga kondusifitas di wilayah kita, paling tidak jangan sampai kita yang menjadi provokator atau menyampaikan informasi yang salah,” lanjut Zaky.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Dandim 0429 Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto, Camat Waway Karya, Ketua FKUB Lampung Timur, Pastor Kepala Paroki UP St. Paulus Jatibaru, RD Markus Sumantri,  Ketua Dewan Pastoral UP St. Paulus Jatibaru Ade Jamal, Kepala Stasi Rawakemang Y. Herwanto, dan para tokoh agama Kecamatan Waway Karya.

 

Senada dengan Kapolres, Wakil Bupati Lamtim, Azwar Hadi juga mengimbau para tokoh agama untuk menjaga wilayah Lamtim agar aman.

“Kita tidak tahu, apakah pengerusakan gereja dilakukan secara sengaja atau tidak, intinya kita jangan terprovokasi, silakan saja di selesaikan secara musyawarah dan mufakat dan di fasilitasi Pemda, supaya jangan berlarut larut, karena jika isu agama yang berkembang itu akan sangat sensitif,” kata Azwar.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Dandim 0429 Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto, Camat Waway Karya, Ketua FKUB Lampung Timur, Pastor Kepala Paroki UP St. Paulus Jatibaru, RD Markus Sumantri, Ketua Dewan Pastoral UP St. Paulus Jatibaru Ade Jamal, Kepala Stasi Rawakemang Y. Herwanto, dan para tokoh agama Kecamatan Waway Karya.***

BACA JUGA :  Nekat Rusak Barang di Gereja Katolik Santo Paulus Desa Sidorahayu Kecamatan Waway Karya, Seorang Warga Lamtim Diringkus Polisi