1.006 Maba Unila Ikuti Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana

# Dibaca: 21 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) sambut 1.006 mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP) bagi Mahasiswa Baru Unila Program Doktor, Magister, dan Spesialis Tahun Akademik 2022/2023, yang berlangsung di GSG Unila, Jumat, 19 Agustus 2022.

PSAP adalah kegiatan yang diikuti seluruh mahasiswa baru pascasarjana untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap sistem akademik yang berlaku di lingkungan Unila, khususnya pada penyelenggaraan Pascasarjana Unila, untuk dikukuhkan sebagai mahasiswa Unila secara resmi.

Selain Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., PSAP dihadiri para wakil rektor, ketua dan sekretaris senat, para dekan dan direktur pascasarjana, wakil dekan dan wakil direktur pascasarjana, ketua lembaga, kepala biro, kepala UPT, para ketua program studi doktor, magister, dan spesialis di lingkungan kampus.

Prof. Karomani dalam sambutan yang disampaikan secara daring mengungkapkan rasa bahagia menyambut 1.006 putra-putri terbaik program doktor, magister, dan spesialis, untuk memulai pendidikan pascasarjana dan menjadi bagian dari sivitas akademika Unila.

“Izinkan saya atas nama pimpinan Universitas Lampung menyampaikan selamat bergabung dan selamat menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Lampung yang hari ini telah menjadi 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Ia meyakini, pilihan para mahasiswa baru menjadikan Unila sebagai tempat menuntut ilmu sudah didasari kesadaran yang tinggi bahwa tanggung jawab keilmuan bukan hanya terletak pada gelar akademik yang akan dicapai namun pada kompetensi serta manfaat kemanusiaan yang bisa dibaktikan bagi bangsa dan negara.

Ia melanjutkan, saat ini Unila mulai bangkit dari situasi Covid-19 yang telah memporak-porandakan berbagai sistem kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Banyak juga cita-cita yang saat ini sedang diperjuangkan agar lebih maju, lebih baik lagi di masa depan, dan bertransformasi menuju PTN-BH.

Baca Juga :   Hut Polwan, Polres Lampung Timur Gelar Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan

Maka dari itu melalui forum PSAP, rektor mengajak seluruh sivitas akademika termasuk mahasiswa baru doktor, magister, dan spesialis, untuk bersama-sama berjuang mencapai cita-cita tersebut.

“Saya yakin, kapasitas bapak-ibu, wabil khusus mahasiswa doktor bisa memberikan kontribusi maksimal dan mampu menjadi potongan puzzle untuk melengkapi kekurangan yang saat ini masih kita hadapi,” katanya.

Prof. Karomani juga meminta Pascasarjana Unila untuk terus berbenah baik fisik maupun nonfisik dalam rangka menunjang kemajuan universitas.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Ahmad Saudi Samosir, S.T., M.T., melaporkan, mahasiswa yang mengikuti PSAP adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur reguler maupun jalur kerja sama dan beasiswa termasuk mahasiswa asing yang dikelola UPT PKLI Unila tahun akademik 2022/2023.

Terdapat mahasiswa yang diterima melalui jalur kerja sama, di antaranya Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Pemda Tanggamus, KPKNL Bandarlampung, dan KPU Republik Indonesia.

Adapun rincinya terdiri dari program S3 jalur reguler 92 orang, S3 jalur kerja sama 10 orang, program S2 jalur reguler 803 orang, S2 jalur kerja sama 11 orang, S2 beasiswa eksternal 12 orang, beasiswa internal Unila 60 orang, S2 jalur mahasiswa asing 13 orang, dan program studi spesialis jalur reguler 5 orang.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang sistem akademik Pascasarjana Unila, memperoleh informasi berbagai hal terkait pengelolaan pendidikan di program studinya masing-masing, meningkatkan peran dan tanggung jawab mahasiswa dalam proses belajar yang akan diikuti sehingga dapat menumbuhkan kepedulian dan kebanggaan terhadap kampus tercinta Unila.***