2 Orang Nelayan Pesisir Barat Lost Contact, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

KRAKATOA.ID, KRUI — Tim SAR Gabungan lakukan pencarian atas 2 Orang Nelayan asal Pesisir Barat Lost Contact di Perairan Kuala Stabas Kab. Pesisir Barat pada Jumat, 27 Januari 2023.

Kejadian berawal pada hari Kamis (26/01/2023) sekira pukul 03.30 Wib nelayan a.n. Ujang Sasmita (40) alias KEK dan Holis (24) berangkat melaut mencari ikan melalui Dermaga Kuala Stabas Krui dengan menggunakan perahu katir Merek perahu Daya Sakti 02, warna perahu kuning, dengan mesin 15 PK.

Biasanya kedua nelayan tsb tiap hari kembali pulang sekitar pukul 15.00 WIB, namun hingga pukul 22.00 WIB mereka belum kembali. Kemudian penanggung jawab kapal menginformasikan kejadian tsb dan minta di lakukan pencarian ke Polair dan di teruskan ke Basarnas Lampung.

Menindaklanjuti info tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan bergabung dengan unsur SAR gabungan untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. “Segera berangkat dan koordinasikan dengan unsur SAR gabungan yang ada di lokasi untuk pelaksanaan operasi SAR,” ujar Deden.

Tim tiba di lokasi kejadian pada Jumat (27/01) pukul 03.00 WIB dan langsung berkoordinasi dengan tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi kejadian. Hasil koordinasi dengan unsur SAR Gabungan, pencarian akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Tim SAR Gabungan membagi tim menjadi 2 tim. Tim 1 menggunakan Jukung ( Double Stabilizer) Basarnas melaksanakan pencarian dari Labuhan Jukung ke lokasi kejadian sejauh 15 Nm (Nautical Mile). Tim 2 melaksanakan penyisiran dari Dermaga Kuala Stabas via darat sepanjang 4 km.

Hingga Pukul 17.00 WIB Tim SAR Gabungan belum menemukan tanda tanda keberadaan korban. Tim menghentikan pencarian sementara dikarenakan cuaca tidak mendukung dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu (28/01) pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA :  Nelayan yang Hilang di Pantai Sebalang Ditemukan Meninggal

“Pencarian hari ini masih belum membuahkan hasil, dan akan dilanjutkan kembali pada Sabtu pagi,” tutup Deden.

Unsur SAR gabungan yang turut melaksanakan pencarian terdiri dari personil Pos SAR Tanggamus, Polair Polda Lampung, Polair Polres Pesisir Barat, Koramil Pesisir Tengah, Polsek Biha, nelayan setempat dan pihak keluarga.***