Transaksi Digital Mempermudah Akses Pendanaan Sektor UMKM

KRAKATOA.ID, JAKARTA — Menurut data dari Bank Indonesia, telah terdapat 64 juta pelaku UMKM dan 98%nya adalah pelaku usaha mikro atau setara dengan satu dari empat masyarakat Indonesia terjun ke dalam UMKM. Fenomena tersebut tentu memberikan kontribusi yang sangat tinggi bagi PDB Indonesia yaitu sebesar 60,5%.

Namun demikian, pengusaha UMKM masih memiliki banyak hambatan, salah satunya adalah akses pendanaan. Melihat permasalahan yang dialami oleh UMKM, AstraPay berkolaborasi dengan Maucash – perusahaan rintisan dari Astra Group, berupaya memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan UMKM tersebut.

AstraPay dan Maucash pada akhir Februari lalu menghadirkan acara edukasi yang bertema “Sukses Berbisnis UMKM di Era Digital”. Dihadiri oleh lebih dari 300 pelaku bisnis UMKM, acara ini membahas mengenai strategi memanfaatkan platform digital dan solusi pendanaan untuk UMKM.

Peserta mendapat beberapa tips agar UMKM dapat lebih mudah mendapatkan akses pendanaan, yaitu salah satunya dengan memaksimalkan transaksi penjualan dengan menggunakan platform digital, seperti penggunaan QRIS, yang saat ini juga sudah menjadi satu pilihan favorit bagi masyarakat yang ingin praktis tanpa uang kembalian dan menghindari kerepotan membawa uang tunai.

“Dengan adanya transaksi penjualan digital, pihak UMKM dapat memiliki bukti transaksi atas penjualan yang dilakukannya, sehingga institusi keuangan dapat memiliki pertimbangan yang lebih kuat dalam melakukan persetujuan pemberian pinjaman modal usaha,” jelas Reny Futsy Yama selaku Chief Marketing Officer dari AstraPay.

Dalam acara edukasi ini, Kedua unit bisnis Astra Financial tersebut, AstraPay dan Maucash mensosialisasikan produk hasil kolaborasinya, yaitu MauModal. MauModal adalah produk yang ditujukan kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal kerja sebagai pengembangan usahanya.

Para pelaku UMKM yang menggunakan fasilitas QRIS dari AstraPay dan mempunyai keaktifan yang baik dalam transaksi penjualannya, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pinjaman dari MauModal. Limit MauModal yang disediakan hingga 1 Miliar Rupiah dengan tenor hingga 18 bulan, juga bunga yang rendah mulai dari 0,99% per bulan.

BACA JUGA :  Letusan Gunung Tertinggi di Eurasia, Rusia Tutup Sekolah di Dua Kota

“Maucash dan AstraPay bersinergi meluncurkan MauModal juga untuk mendukung tujuan utama dari Astra Financial yaitu agar dapat menjadi mitra keuangan terbaik bagi kesejahteraan ekosistem UMKM di Indonesia. Bangga sekali rasanya dapat menghadirkan MauModal di tengah masyarakat untuk dapat membantu perekonomian Indonesia menjadi lebih kuat dan stabil,” tutup Indra, selaku Direktur Marketing dari Maucash.***