Unila dan IPB Kolaborasi dengan Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Petani

KRAKATOA.ID, TANGGAMUS — Universitas Lampung (Unila) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama-sama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, serta Pemerintah Daerah, berkolaborasi memberikan kontribusi aktif dan nyata bagi pertanian Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka implementasi kerja sama antara perguruan tinggi dan stakeholder.

Kolaborasi ini terwujud pada pertemuan antara Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., dan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si., dengan pemerintah pusat dan daerah pada acara Gerakan Tanam Bersama Kedelai di Kabupaten Tanggamus, Lampung, pada Jumat, 2 Juni 2023.

Dalam acara tersebut, Unila dan IPB dipercaya menjadi salah satu perguruan tinggi yang diberikan kesempatan untuk memberikan inovasi pertanian dan teknologi pertanian. Kedua perguruan tinggi ini juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi kedelai.

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Prof. Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, serta Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi peninjauan perbaikan ruas jalan Waylima Pesawaran, pembagian sembako oleh pemerintah provinsi di Kecamatan Bulok, Tanggamus, penebaran benih ikan, peninjauan bazar, penanaman benih kedelai, serta penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian kepada masyarakat.

Acara ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mendorong swasembada kedelai nasional dan meningkatkan kemandirian petani.***

BACA JUGA :  Korps Suka Rela PMI Unit Unila Gelar Diklat dan Baksos KSR Angkatan XXXII