Kapal MV Samudera Sakti III Terbakar, Tim SAR Gabungan Bantu Evakuasi Kru Kapal

KRAKATOA.ID, TARAHAN — Tim SAR Gabungan Evakuasi Kru Kapal MV Samudera Sakti III yang mengalami kebakaran di Perairan Tarahan Lampung Selatan pada Minggu (24/09).

Basarnas Lampung terima informasi dari Rahmat Febri (Agen Kapal) bahwa Kapal MV Samudera Sakti III mengalami kebakaran pada koordinat 5° 31.500’S – 105° 18.180’T sekitar pukul 08.30 WIB.

DATA KAPAL:
Nama : Samudera Sakti III
MMSI : 525800871
Call Sign : YCT2
Bendera : Indonesia
POB (Person On Board) : 26 Orang (24 ABK dan 2 Vendor)

Menerima informasi tersebut Basarnas Lampung langsung berkoordinasi dengan unsur terkait yang terdiri dari KSOP Panjang, Polairud Polda Lampung, Polairud Lampung Selatan, Unit Pelabuhan Tarahan, PT. Bukit Asam, PT. Sumber Indah Perkasa, PT. Lintas Maritim Indonesia, IEA (Indonesia Escorting Ambulance) dan unsur SAR Gabungan lainnya.

Selanjutnya Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 Tim Rescue KN SAR Basudewa menggunakan RIB 03 (Rigid Inflatable Boat menuju lokasi dan melaksanakan evakuasi. Pukul 09.29 WIB tim tiba di lokasi dan melakukan pemantauan dan standby.

Terkait bantuan evakuasi, terdapat 3 kapal tunda yang membantu pemadaman di bagian buritan dan kamar mesin yaitu TB. Alpine Marine 20, TB. Aria Citra VIII dan TB. AJ 1.

Pukul 10.52 WIB Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap 26 POB MV Samudera Sakti III Menggunakan RIB 03 Lampung dengan mengevakuasi 7 orang dan 19 orang lainnya dievakuasi dengan TB. Alpin Marine 20. Seluruh POB dalam keadaan *selamat* dan 1 POB mengalami luka bakar ringan atas nama Slamet Jumari (3RD Engineer).

Sekitar Pukul 11.33 WIB RIB 03 Lampung dan TB Apline 20 menuju ke Dermaga Deltong Bukit Asam untuk mendroping seluruh POB. Setelah droping POB, Tim SAR Gabungan melaksanakan pemantauan kembali terhadap Pemadaman Kapal MV Samudera Sakti III.

BACA JUGA :  Pengadilan Rusia Kembali Denda Wikipedia Soal Perang di Ukraina

Selanjutnya Pukul 15.00 WIB Basarnas Lampung berkoordinasi dengan Pihak Agen Kapal PT. Lintas Maritim Indonesia bahwa seluruh POB KM Samudera Sakti III telah di Evakuasi ke Dermaga PT. Bukit Asam. Selanjutnya terkait pemadaman Pihak Agent telah berkoordinasi dengan Otoritas Pelabuhan.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator) menyatakan kebenaran informasi tersebut.

“Alhamdulillah seluruh POB Kapal MV Samudera Sakti III telah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Selanjutnya untuk proses pemadaman kapal dan kondisi kapal terupdate dapat dikoordinasikan dengan pihak terkait,” kata Deden.***