Mahasiswa FH Unila Ikuti PMM, Raih Pengalaman Berharga hingga Bertemu Menteri Pariwisata

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Salah satu mahasiswa prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch tiga di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat.

Irwansyah Ahmat Saputra, yang berasal dari kabupaten kecil di Lampung, memutuskan untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) karena merasa sangat penasaran dengan pendidikan di Pulau Jawa dan ingin mempelajari budaya lain.

Selama menjalani program, Irwansyah tidak hanya mempelajari beragam budaya dari sesama mahasiswa PMM dan mahasiswa Unpad, tetapi juga beradaptasi dengan suasana di daerah Bandung yang lebih dingin daripada daerah asalnya.

Selain itu, ada festival budaya yang menampilkan 30 provinsi mahasiswa PMM. Mahasiswa PMM asal Lampung turut berpartisipasi dengan menampilkan tarian Zapin, yang tak hanya mengandung makna pergerakan kaki, tetapi juga bersifat edukatif dan menghibur.

Pada awal perkuliahan, perbedaan mata kuliah yang ditawarkan menambah semangatnya menjalani program PMM. Dalam satu semester, Irwansyah mendapat banyak pengalaman berharga, hingga bertemu dan berdialog dengan Menteri Pariwisata Indonesia tahun 2014-2019, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.

Dr. Arief memberikan motivasi kepada Irwansyah untuk memajukan pariwisata di daerah asalnya. Ia memberikan pandangan tentang pentingnya memperkenalkan dan memajukan identitas daerah.

Menurut Dr. Arief, Lampung sebagai destinasi pariwisata potensial, tidak hanya kaya akan keberagaman suku dan budaya, tetapi juga merupakan inspirasi bagi generasi muda untuk memajukan nama daerah.

“Lampung merupakan daerah yang berpotensi pariwisata baik. Lampung memiliki keberagaman suku budaya yang baik dan itu salah satu pedoman bagi kamu untuk suatu saat nanti bisa memajukan nama daerahmu,” kata Dr. Arief.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini mengaku sangat senang dan terharu bisa bertemu dengan sosok yang menjadi inspirasinya.

BACA JUGA :  UPT PKLI Unila Gelar Orientasi bagi Lima Mahasiswa Asing

“Salah satu hal yang berkesan bagi saya yaitu dapat berfoto dan bercerita bersama menteri secara berdua. Apalagi saya berasal dari kabupaten kecil di Lampung dan tidak pernah terbayangkan rasanya bertemu dengan bapak menteri,” ungkap Irwansyah.

Irwansyah juga menambahkan, program PMM memberinya kesempatan untuk mengembangkan diri dan mengenal lebih banyak teman dari berbagai daerah. Ia juga berharap, program ini bisa terus berlanjut dan memberi manfaat bagi mahasiswa lainnya.***