Tertarik dengan Industri Panas Bumi, Rizky Jajaki MSIB di PT AILIMA

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Rizky J. Sianturi, mahasiswa Program Studi Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila) mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Anugerah Indonesia Lima (AILIMA), dengan konsep program “Applied Data Management, Analysis, Modeling, and Machine Learning for Sustainable Geothermal Energy Development”.

Mahasiswa yang akrab disapa Rizky mengikuti program MSIB batch enam sejak Febuari hingga Juni 2024. PT AILIMA merupakan konsultan teknis dalam bidang pengembangan proyek panas bumi untuk perusahaan panas bumi terkemuka mulai dari ekplorasi hingga operasi.

Sejalan dengan konsep PT AILIMA, membuat Rizky menetapkan tempat melaksanakan MSIB di PT AILIMA, karena dapat memberikan wadah bagi mahasiswa yang tertarik dan ingin berkembang di industri panas bumi atau geothermal. Selain itu, linear terhadap salah satu konsentrasi di Jurusan Teknik Geofisika yang sedang Rizky jalani.

Mahasiswa penyuka warna biru tersebut membagikan tips agar dapat diterima MSIB di PT AILIMA sesuai dengan pengalamannya. Di antaranya, pelajari terkait industri geothermal, tunjukkan ketertarikan dengan bidang tersebut, perhatikan kualifikasi dan persyaratan, buatlah resume atau CV yang menonjol, dalam hal ini sertakan keterampilan dan pengalaman yang relevan.

Selain itu, persiapkan tes dengan mempelajari perusahaan dan tunjukkan yang terbaik, serta antusias saat mengikuti tes. Kegiatan MSIB di PT AILIMA dilaksanakan secara online dengan pembelajaran terkait pengintegrasian teknologi Artificial Inteligence (AI) berbasis komputasi awan (cloud computing) dalam satu platform bernama JIWA System.

“Saya juga belajar menciptakan sinergi antara pemahaman teknologi melalui geothermal software dengan aplikasi praktis. Melalui program-program tersebut, saya harap bisa menggabungkan keahlian teknis dengan analisis untuk mendukung perkembangan energi panas bumi secara berkelanjutan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Unila Terima Kunjungan Director of Research Culture and Environment University of Hertfordshire, UK

Kendala sekaligus tantangan bagi Rizky adalah ketika menghadapi jadwal yang padat dan kesulitan dalam mengelola waktu di antara kegiatan yang beragam. Selain itu, perbedaan pemahaman antarpeserta yang berasal dari latar belakang berbeda menjadikan tantangan baru bagi Rizky.

Beberapa hal yang memotivasi mahasiswa kelahiran Tapanuli Utara tersebut untuk konsisten dan bertahan mengikuti MSIB di antaranya, lingkungan kerja yang mendukung dan kolaboratif, sehingga Rizky merasa dihargai dan termotivasi untuk terus belajar dan berkontribusi.

Kemudian kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek yang relevan dengan minat dan tujuan karier memberikan pengalaman berharga dan memperluas wawasan dalam industri panas bumi. Dukungan mentor dan tim di PT AILIMA juga membantu Rizky melewati tantangan dan mengoptimalkan kesempatan.

Praktisi dan para ahli panas bumi didatangkan PT AILIMA untuk membersamai proses magang. Selama magang, Rizky telah memperoleh berbagai hal berharga, mendapatkan ilmu tentang industri panas bumi, belajar mengembangkan keterampilan praktis, serta memperluas jaringan kontak, dan memperoleh wawasan tentang dinamika industri.

Secara keseluruhan, pengalaman magang ini memberikan Rizky pondasi yang kokoh dalam pengembangan karier di masa depan. Rencana ke depan, Rizky ingin berkarier di industri panas bumi, serta memperdalam pemahaman tentang teknologi dan inovasi dalam industri panas bumi melalui pendidikan lanjutan dan pengalaman kerja yang relevan.

“Saya dengan senang hati mengajak teman-teman mahasiswa untuk terus berprestasi dan berambisi mengejar impian kita. Jangan ragu untuk ikut MSIB karena di sini wadah yang sesuai untuk pengembangan karier. Ingatlah setiap langkah kecil yang diambil membawa kita lebih dekat menuju kesuksesan,” ujar mahasiswa Teknik Geofisika tersebut.

Rizky berharap, kegiatan magang ini akan memberikan ilmu dan pengalaman yang mendalam terkait industri panas bumi sehingga keterampilan serta minat yang ia miliki akan terus berkembang hingga berakhirnya masa magang.***

BACA JUGA :  Kalah di Persidangan, Kakam Nyukang Harjo Diduga Melakukan Tindak Pidana Pemalsuan