Telusuri Industri Listrik, MSIB Buka Kesadaran Jerry Marlian Tingkatkan Kemampuan Diri

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Jerry Marlian, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) memilih Magang dan Studi Independen (MSIB) sebagai wahana pengembangan diri. Program ini merupakan jembatan prestisius yang menghubungkan teori dengan praktik.

Mahasiswa yang akrab disapa Jerry ini mengikuti kesempatan magang batch enam di PT. PLN Nusantara Power, bagian Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK), Tarahan. Jerry mendapat informasi magang dari website MBKM, dengan periode Febuari hingga Juni 2024.

“Saya memilih magang di PT PLN karena relevan dengan program studi, sehingga bisa langsung menerapkan ilmu teoritis yang dipelajari di kampus. Ini kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang industri listrik,” tandas Jerry, ketika diwawancara Senin, 13 Mei 2024.

Berdasarkan pengalaman mahasiswa yang memiliki hobi membaca tersebut, dalam mengikuti MSIB yang paling utama adalah mempersiapkan CV dan portofolio. Tahapan ini dinilai paling utama dalam penyeleksian.

Kemudian berlanjut ke tahapan administrasi yang tak kalah penting dalam menilai kemampuan mahasiswa berdasarkan pengalaman dan kegiatan yang diikuti di kampus.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan program pengembangan softskill dan memperbanyak prestasi. Selain itu, doa dan restu orang tua merupakan faktor utama. Kegiatan yang dilakukan Jerry selama magang di antaranya on boarding, self learning melalui platform PLN digital learning (BUMN ProAcademy).

Tak hanya itu, Jerry mengerjakan proyek utama dari mentor dan menjadi man power maintenance listrik sesuai work order dari rendal di wilayah unit pembangkit dengan bimbingan dari mentor dan karyawan lain sesuai divisi pemeliharaan listrik. Tantangan yang ia hadapi salah satunya dituntut cepat dalam mengimplementasikan kemampuan teori.

Baik dalam sistem kelistrikan, single line diagram unit pembangkitan, maupun proses konversi energi listrik dengan jauh lebih spesifik. Namun, hal tersebut menjadi dorongan bagi Jerry untuk terus mengembangkan kemampuan diri. Kesempatan berkarier dan berkontribusi di perusahaan listrik terbesar Indonesia merupakan motivasi utama Jerry mengikuti MSIB.

BACA JUGA :  FKIP Unila Luncurkan Legalisir Online

“Saya mendapat kepuasaan diri karena berkontribusi langsung dalam penyediaan energi listrik yang andal. Magang ini membuka kesadaran saya, setiap hari selalu ada kesempatan yang bisa diambil untuk meningkatkan kemampuan diri,” pungkas mahasiswa kelahiran Prabumulih tersebut.

Selanjutnya, Jerry berencana membentuk langkah karier yang lebih pasti, dimulai dengan mengikuti program MSIB sebagai jalan dalam menyelesaikan tugas akhir dan tidak hanya menguatkan profil akademik tapi juga meningkatkan kesempatan karier di PLN atau industri energi secara umum.

“Kesempatan besar tidak akan pernah datang jika kita tidak pernah mencoba. Waktu menjadi mahasiswa tidak akan selamanya. Karena itu, sangat disayangkan jika tidak digunakan untuk terus mengembangkan kemampuan diri agar jauh lebih siap saat terjun ke dunia kerja,” tutur mahasiswa penyuka warna biru tersebut.

Jerry berharap, program MSIB yang telah ia ikuti dapat membentuk lulusan engineer yang tidak hanya siap menghadapi tantangan industri modern, tapi juga memperkaya diri dengan pengalaman yang menempa keahlian, serta mempertajam kemampuan pemecahan masalah di dunia nyata.***