Ketua FKUB Lampung Sebut Paskah Sebagai Momentum Perkuat Toleransi dan Solidaritas Sosial

# Dibaca: 190 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung Dr. KH. Mohammad Bahrudin, M.Ag., dan segenap jajaran pengurus, mengucapkan selamat merayakan Tri Hari Suci dan Paskah pada umat Kristiani di Provinsi Lampung.

Sebagaimana diketahui umat Kristiani khususnya Katolik pada hari Kamis (14/4/) ini, tengah memasuki pekan Tri Hari Suci sebagai rangkaian Pekan Suci Paskah yang akan jatuh pada Minggu (17/4) April mendatang.

Tri Hari Suci diawali dengan Kamis Putih, Jumat Agung, dan ditutup dengan Paskah.
Meski demikian, rangkaian Paskah tidak terbatas pada Tri Hari Suci.

Rangkaian ini dimulai 40 hari sebelum hari raya Paskah.

Ketua FKUB Lampung berharap Paskah tahun ini dapat meningkatkan iman Kristiani sekaligus semakin meneguhkan toleransi antar umat beragama dan solidaritas sosial.

“Terlebih perayaan Paskah tahun ini menjadi spesial karena berpetapan dengan bulan suci Ramadan di mana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa,” kata Dr. Bahrudin kepada Krakatoa, Kamis (14/4/2022)

Menurutnya, toleransi antar umat beragama yang pilarnya meliputi saling pengertian, menghormati dan menghargai kesetaraan dalam mengamalkan ajaran agama masing-masing, betul-betul dapat terwujud di Sai Bumi Ruwa Jurai

“Kongkritnya, umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada umat Kristiani untuk merayakan Paskah.”

“Begitupun sebaliknya umat Kristiani, dalam merayakan Paskah harus dapat menghormati bulan suci Ramadan, umpamanya dengan tidak makan di tempat terbuka ketika berbagi.”

“Mari kita tunjukkan dan buktikan moderasi dalam beragama, dengan pikiran, gerakan dan tindakan nyata,” pungkas Ketua FKUB Provinsi Lampung.***

Baca Juga :   Universitas Lampung Gelar Workshop Pengisian Indikator Kinerja Perguruan Tinggi