Rektor Unila Dampingi KH Said Aqil Resmikan Gedung Lampung Nahdiyin Center

# Dibaca: 98 pengunjung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Mustasyar PBNU, K.H. Said Aqil Siradj bersama Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Karomani, M.Si., meresmikan Gedung Lampung Nahdiyin Center (LNC), di Gang Bypass Raya, Rajabasa Raya, Rajabasa, Bandarlampung. Peresmian tersebut ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Senin (15/8/22).

Dalam sembutannya, Prof. Karomani mengatakan LNC merupakan ladang pengabdian berkhidmat untuk umat Nahdliyin.

“Maka warga Nahdliyin Unila bersatu padu mewujudkan sebuah gedung megah ini,” kata Rektor.

Menurutnya, gedung tersebut juga akan digunakan untuk kegiatan pengkaderan warga Nahdliyin, pelatihan-pelatihan, kajian tentang ke-NU dan kegiatan sosial dakwah.

Selain itu, lanjut Ketua Dewan Pembina LNC ini, difungsikan untuk tiga hal yakni, pendampingan ekonomi umat, pendampingan kesehatan, pendampingan pendidikan.

“Kami ingin memiliki semacam induk koperasi jadi nanti koperasi di sini akan ada koperasi konsumsi misalnya ketersediaan bahan pokok. Coba kita hitung berapa ratus pesantren yang ada di Lampung berapa bahan pokoknya,” ujar Wakil Ketua PWNU Lampung tersebut.

Tujuannya, kita ingin sembilan bahan pokok itu kita suplai dari koperasi tersebut. Sembilan bahan pokok itu nantinya akan ada tambahan seperti pupuk pertanian.

”Berapa ribu petani nahdiyin yang butuh pupuk untuk kita jembatani melalui lembaga ini dengan pupuk pusri misalnya. Karena kebetulan menteri BUMN termasuk bagian dari nahdatul ulama, jadi kita bisa sinergikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Mustasyar PBNU, KH Said Aqil Siradj menyatakan rasa syukur dan bangga kepada Ketua Dewan Pembina LNC, Prof. Karomani yang berhasil mendirikan LNC dalam rangka memperkuat peradaban, pengetahuan dan akhlak mulia warga nahdiyin.

“Ini jauh dari kepentingan politik, yang saya harapkan NU itu sibuk mengurusi ekonomi, kesehatan, kebersihan lingkungan, pendidikan, jangan capres 2024, koalisi siapa? itu urusan partai politik,” tegas Said Aqil.

Baca Juga :   BPS: Inflasi Juni Mencapai 4,35 Persen, Tertinggi Sejak 2017

Said Aqil menekankan, LNC untuk memperkuat civil society yang menjadi mitra pemerintah. ”Kalau pemerintah baik kita dukung, kalau pemerintah kurang baik kita beri masukan,” pungkasnya.***