Jurusan Teknik Elektro Unila Sabet Dua Penghargaan Pada kejuaraan E-ACTION 2022

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung (JTE Unila) mengirimkan dua tim untuk berkompetisi di Electrical Talkshow and Exhibition (E-Action) yang merupakan kegiatan nasional oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Sriwijaya yang diselenggarakan dari tanggal 28 sampai dengan 30 Oktober 2022.

Dua tim yang dikirim adalah tim navigation yang terdiri dari AQIL JADO FAHREND (Ketua), ALIF RAHMATULILLAH, MURTI, M. Q. NAJMI ABDILLAH, M. RAFLY ASSIDIQI, dan FIDDY MAFIROTUN AHYAT serta tim PST Sensor yang RAFLY RAHMAT DANI (Ketua), DERY IRAWAN, RAFI RAMADHAN, A. M. HAIKAL FAKARI, MUHAMMAD IMAM FAUZI, dan FADILLAH IKHSAN H yang mayoritas adalah mahasiswa Teknik Elektro Unila angkatan 2019.

Tim Navigasi melakukan Pembuatan Sistem Navigasi kiosk berbentuk Virtual Reality Tour berbasis Web di Museum Lampung sebagai teknologi digital yang yang memberikan pengalaman yang menarik dalam melakukan kunjungan virtual ke Museum Lampung.

Virtual Tour Museum Lampung yang dibuat menjadikan Museum Lampung sebagai museum ke-17 yang memiliki layanan Virtual Tour dari 439 museum di Indonesia. Sedangkan, tim PST Sensor melakukan Perancangan Sistem Keamanan menggunakan Sensor PIR dengan Mikrokontroler Wemos D1 R2 berbasis Aplikasi Blynk di Museum Lampung yang dimaksudkan sebagai otomasi pemantauan terhadap benda bersejarah yang berharga melalui sensor dengan alarm dan bisa dipantau dari jarak jauh.

Raihan prestasi yang didapatkan oleh JTE Unila adalah Gold Medalist ysng dimenangkan oleh tim Navigation dan Bronze Medalist Exhibitor yang didapatkan oleh Tim PST Sensor.

Kedua penghargaan juara tersebut diumumkan pada selebrasi yang diadakan di Universitas Sriwijaya pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022.

Tim yang telah berjuang untuk mendapatkan penghargaan ini dibimbing oleh para dosen, yaitu Yetti Yuniati, ST., MT. dan Ir. Meizano Ardhi Muhammad, ST., M.T. untuk tim Navigation serta Dr. Sri Purwiyanti, ST., M.T. dan Dr. Eng. Nining Purwasih, ST., M.T. untuk tim PST Sensor.

BACA JUGA :  Unila Lakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Doktor Pendidikan FKIP

Produk yang dikompetisikan adalah bagian dari Penelitian MBKM yang dilaksanakan oleh Universitas Lampung.

Pada kesempatan ini, salah satu ketua tim, Aqil Jado Fahrend mengungkapkan, “Terimakasih kepada Allah SWT yang telah membuat tim ini juara. Dan, terimakasih kepada anggota tim serta tentunya dosen pembimbing yang telah mengarahkan kami.”***

Komentar