Hari Raya Galungan : Umat Hindu di Sidoharjo Way Panji Melaksanakan Sembahyang di Pura Satya Dharma

KRAKATOA.ID, WAY PANJI — Sekitar 37-an umat Hindu dari Banjar Kediri di Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan sembahyang Hari Raya Galungan di Pura Satya Dharma, Rabu (04/01/2023). Pura Satya Dharma adalah pura yang dimiliki oleh umat Hindu etnis Jawa.

Hari Raya Galungan adalah hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (ketidak benaran).

Jro Mangku Suparman memimpin sembahyang Hari Raya Galungan di Pura Satya Dharma.

“Selamat Hari Raya Galungan,” kata Jro Mangku Suparman.

Jro Mangku Suparman menitipkan pesannya untuk umat Hindu khususnya di Banjar Kediri untuk lebih meningkatkan Sradha dan Bhakti (iman dan taqwa) kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

“Kiranya kita juga untuk giat menjaga silaturahmi dan toleransi terhadap lingkungan sekitar,” tutur Jro Mangku Suparman.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Desa Sidoharjo Wayan Suadi pada moment Hari Raya Galungan ini mengajak umat Hindu untuk ikut berperan aktif di lingkungan masyarakat dan tetap menjaga warisan agama dan budaya Nusantara.

“Ini penting dilakukan supaya warisan yang Adi luhung ini tidak terkontaminasi oleh ajaran-ajaran trans nasional yang justru merongrong agama dan budaya Nusantara,” pungkasnya saat dihubungi Krakatoa.id, Rabu (04/01/2023).***

BACA JUGA :  RS. Santo Antonio Baturaja Menang atas Gugatan Lia Angulita Metha Sari