Unila Adakan Pencanangan Gerakan Nasional Lada Lampung dan Tabur Benih Ikan

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Lada Lampung dan Tabur Benih Ikan, di Embung B kampus setempat, Kamis, 9 Februari 2023.

Penyelenggaraan kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan green and clean campus ini dibuka langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M.

Hadir secara khusus Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E., Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan Ardi Praptono, A.K., M.Sc., Direktur Pakan dan Obat Ikan Ir. Ujang Komarudin A.K., M.Sc., perwakilan dari Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian, kepala BPDAS Wayseputih Waysekampung, serta perwakilan Balai Pakan Air Tawar Jambi.

Kegiatan juga turut diikuti Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ir. Murhadi, M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D.

Ketua pelaksana sekaligus Plt. Ketua LPPM Unila Rudy, S.H., LL.M., LL.D., dalam laporannya menyampaikan, gerakan ini merupakan bentuk kerja sama Unila dan Komisi IV DPR RI didukung Bappedas, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perikanan.

Bentuk dukungan ialah dengan pemberian bantuan lada perdu sebanyak 1.500 batang, benih ikan jelabat, nila, dan baung sebanyak 250.000 benih, serta penanaman buah 500 batang terdiri dari alpukat siger 375 batang, kelengkeng 25 batang, dan pinang betara 100 batang.

Pada kesempatan sama Prof. Lusmeilia dalam sambutannya mengatakan, gerakan nasional lada dan tabur benih ikan ini merupakan sinergi Unila bersama stakeholder untuk menumbuhkan kembali kejayaan lada Lampung sekaligus meningkatkan budidaya air tawar di Provinsi Lampung.

BACA JUGA :  Rektor Kembali Lantik Pejabat Baru Unila

“Kegiatan ini diharapkan menjadi pelopor dalam mengembalikan kejayaan Lampung sebagai tanah lado sekaligus salah satu upaya meningkatkan potensi embung sebagai media budidaya air tawar,” ujarnya.***

Prof. Lusi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi IV DPR RI serta seluruh OPD yang telah memberi kesempatan dan dukungan penuh kepada Universitas Lampung untuk terus mewujudkan cita-cita, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Selanjutnya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E., dalam sambutannya berharap, gerakan nasional ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa menjadi subjek penelitian, pelestarian, dan wahana pembelajaran mahasiswa.

Usai dibuka resmi oleh rektor, agenda dilanjutkan dengan foto bersama, penanaman bibit lada perdu, tebar benih ikan air tawar, dan penanaman pohon alpukat secara simbolis oleh sejumlah tamu undangan.***