Tim SAR Gabungan Evakuasi 3 Orang Nelayan di Pulau Sertung Kalianda Lampung Selatan

KRAKATOA.ID, KALIANDA — Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 3 orang nelayan dalam keadaan selamat di Pulau Sertung Kab. Lampung Selatan, Kamis 16 Februari 2023.

Kejadian berawal ketika kapal dengan awak 4 orang nelayan mencari ikan di sekitar perairan P. Sertung pada Rabu (15/02), kemudian pukul 16.00 WIB tiba-tiba ombak besar menghantam kapal sehingga menyebabkan kapal pecah.

1 org telah berhasil selamat dan di evakuasi ke darat (Kalianda) ikut kapal nelayan yang melintas, sedangkan 3 orang nelayan berhasil menyelamatkan diri ke P. Sertung.

Info tersebut disampaikan kepada Shobri (Ketua HNSI Kalianda) kemudian diteruskan ke Basarnas Lampung untuk melakukan evakuasi 3 nelayan tersebut.

Data korban Nelayan tersebut diantaranya Sohari (35) yang terlah berhasil dievakuasi ke Kalianda oleh kapal nelayan yg melintas, Ramdani (26), Roidin (18), dan Sonjaya (28) yang menunggu dievakuasi di P. Sertung. Semuanya merupakan warga Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Menindaklanjuti laporan tersebut Basarnas Lampung mengerahkan 1 tim Rescue untuk menuju P. Sertung untuk melaksanakan evakuasi nelayan selamat tersebut. Tim langsung menuju lokasi dan berkoordinasi dengan Polairud Polres Lamsel dan Polairud Polda Lampung di Dermaga Muara Piluk Bakauheni.

Namun dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik dan gelombang tinggi tim akan melaksanakan evakuasi pada Kamis (16/02) pukul 06.00 WIB.

Pada hari ke 2 Kamis (16/02) Tim SAR Gabungan bersama Sohari (nelayan yang dievakuasi ke Kalianda) berangkat melakukan evakuasi ketiga rekannya.

Kemudian pukul 07.55 WIB Tim SAR Gabungan berlindung di Pulau Sebesi dikarenakan cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Pukul 08.15 WIB Tim SAR Gabungan melanjutkan perjalanan kembali ke P. Sertung untuk melakukan evakuasi.

Dan Pukul 10.35 WIB Tim SAR Gabungan tiba di P. Sertung dan berhasil mengevakuasi 3 korban dalam kondisi selamat dan mengevakuasi menuju Dermaga Muara Piluk Bakauheni.

BACA JUGA :  Peringati Bulan K3 Provinsi Lampung Tahun 2023, Disnaker Lampung Terus Gaungkan Keselamatan Kerja

Selanjutnya korban dijemput oleh pihak HNSI Kalianda yang merupakan perwakilan dari pihak keluarga di Dermaga Muara Piluk.

Info tersebut disampaikan langsung oleh Koordinator Pos SAR Bakauheni Febri Yanda kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah pada kesempatan pertama.

“Ketiga Korban selamat telah berhasil dievakuasi pada Kamis (16/02) pukul 12.23 WIB ke Dermaga Muara Piluk dan diserahkan kepada pihak keluarga yang diwakili oleh Shobri, ketua HNSI Kalianda,” jelas Febri.***