Prof. Lusmeilia Lantik Empat Warek dan Ketua LP2M Baru Universitas Lampung

KRAKATOA.ID. BANDARLAMPUNG — Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., melantik Empat Wakil Rektor dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unila yang baru periode 2023-2027 di ruang sidang lantai 4, Kamis 16 Februari 2023.

Empat Wakil Rektor yang dilantik tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan , Rudy, S.H., LL.M., LL.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan TIK (PKTIK), Dr. Ayi Ahadiat, S.E., MBA., dan Ketua LP2M Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si.

Keempatnya menggantikan para Wakil Rektor dan Ketua LP2M Unila periode sebelumnya , yakni Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Murhadi., M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Yulianto, M.S., Wakil Rektor Bidang PKTIK Prof. Ir. Suharso, Ph.D., Ketua LP2M Rudy, S.H., LL.M., LL.D.

“Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Saya berharap para pejabat yang dilantik dapat melaksanakan tugas barunya dengan baik,” ucapnya saat memberikan pidato sambutan.

Prof. Lusmeilia menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi Unila kedepan cukup berat. Untuk itu koordinasi dan sinergi yang solid oleh segenap jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Universitas Lampung harus tetap dijaga bahkan terus ditingkatkan.

Ia selalu meyakini bahwa siapapun pemimpin Universitas ini, para pejabat dan pegawai akan tetap menunjukkan kinerja yang luar biasa karena kita telah memiliki komitmen kuat dan nilai-nilai moral yang dipegang teguh.

BACA JUGA :  Rektor Unila Hadiri Pengukuhan Guru Besar Baru Unmal

Lima pejabat yang baru dilantik menurutnya dipilih karena ia yakin akan kemampuan, dedikasi, serta loyalitas dan penuh dengan integritas, dalam bekerja dan kesehariannya. Penentuan pejabat telah dipikirkan secara hati-hati dengan meminta pertimbangan berbagai pihak, dan ditetapkan berdasarkan kualifikasi dan integritas.

Kepada Wakil Rektor Bidang Akademik ia berpesan harus mampu membuat inovasi akademik yang dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar, selain diharapkan dapat menyiapkan sumber daya dosen yang memiliki kompetensi serta yang tak kalah penting memastikan program MBKM di Unila terlaksana dengan baik.

Kepada Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ia meminta agar dapat mengelola keuangan kampus dengan sehat dan efektif, meningkatkan inovasi untuk mengembangkan sumber-sumber pendapatan baru Unila melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dan meningkatkan pengelolaan unit bisnis untuk kemajuan kampus.

Kemudian kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ia berharap agar dapat membimbing mahasiswa dengan baik akrab dan lebih humanis, harus mampu menjadi jembatan untuk menghubungkan kepentingan kampus dan mahasiswa, berkomunikasi dengan bahasa mahasiswa agar terbentuknya hubungan yang baik dan sinergi demi Unila.

Ia juga menegaskan agar Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mendukung dan membuat program yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Karena dengan prestasi kampus Unila akan semakin terhormat dan dipercaya oleh masyarakat.

Selanjutnya kepada Wakil Rektor Bidang PKTIK, Prof Lusmeilia berpesan agar mengembangkan kerja sama dan memperkuat kolaborasi serta sinergi yang teraktualisasi melalui kontribusi yang maksimal dengan berbagai pihak, menjalankan Organizational Partnerships melalui kerja sama yang produktif, bermanfaat, dan berkelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industri dan mitra lainnya di dalam dan luar negeri.

Memberikan perhatian lebih dalam untuk mewujudkan cita-cita besar Unila menuju World Class University, Mendorong peran serta seluruh civitas dalam SDGs, memperkuat kolaborasi melalui program Kedaireka, mewujudkan skema penelitian kolaboratif dengan perguruan tinggi QS 100 by subject (joint research and publication),

BACA JUGA :  Siswa Kelas 12 SMA Xaverius Bandarlampung Ikuti Misa Persiapan Ujian

Dan terakhir kepada Ketua LP2M yang baru diminta untuk dapat menguatkan agenda riset yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan berbasis IPTEKS dan meningkatkan jumlah dan relevansi pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian secara proposional dalam rangka meningkatkan reputasi akademika Unila.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Lusmeilia juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Rektor periode sebelumnya. Ia berharap hubungan baik dapat terus terjalin demi kebaikan Unila.

“Terimakasih para Wakil Rektor yang telah selesai menjalankan tugas yang cukup berat selama ini dan dengan persoalan yang ada, yang telah membawa 3 tahun ini menjadi universitas terbaik, bahkan beberapa kriteria terbaik di Sumatra. Meningkatkan peringkat Unila dari 46 menjadi 29 dan akhirnya peringkat 9 besar. Ini menjadi amal ibadah bapak – bapak semuanya. Kita terus bersahabat, berteman saling mengingatkan dan memberikan masukan dan saran untuk kebaikan Unila.” Ujarnya.****