Unila, Unmal dan Itera Teken MoU dengan UoC Malaysia

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) bersama Universitas Malahayati (Unmal) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Universiti of Cyberjaya (UoC), Malaysia, Selasa 21 Februari 2023.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Rektor Unila Prof. Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Rektor Unmal Dr. Achmad Farich, dr., MM dan Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dengan Vice Concelor UoC Prof. Dr. Zabidi Azhar bin Mohd Hussindari di ruang sidang utama lantai dua, Rektorat Unila. Penandatanganan MoU turut disaksikan jajaran pimpinan masing-masing perguruan tinggi.

Vice Counselor UoC Prof. Dr. Zabidi Azhar bin Mohd Hussin menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan Unila, Unmal dan Itera kepadanya dan tim dari Uoc. Kunjungan UoC ke Indonesia, khususnya Lampung dilakukan untuk menjalin kerja sama dengan pihak perguruan tinggi

“Saya mewakili University of sabar Jaya atau UoC ingin menyatakan keinginan kami untuk menjalin kerjasama dengan pihak rektor-rektor universitas di Indonesia, supaya kerjasama internasional ini dapat terus dikembangkan bersama,” ucap Prof. Zabidi saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan, kerjasama akan dijalankan berbagai bentuk termasuk pertukaran pelajar dan staf akademik (dosen), serta bentuk lainnya termasuk kolaborasi yang dapat memberikan manfaat bersama melalui konsep win-win solution.

Merespon hal tersebut, Rektor Unila menyatakan bahwa seluruh fakultas yang ada di Unila siap bekerja sama dan kolaborasi.Ia yakin dengan hubungan yang terjalin cukup baik antara keempat universitas ini, maka kerja sama dan kolaborasi yang dilakukan akan segera berhasil.

“Mudah-mudahan empat universitas ini siap untuk berkolaborasi dalam pertukaran pelajar dosen mengajar dan penelitian dan mudah-mudahan kerjasama ini akan membawa berkah bermanfaat untuk perkembangan bagi ilmu pengetahuan baik di Indonesia maupun di Malaysia,” tuturnya.

BACA JUGA :  Unila Lakukan Penyegaran Keanggotaan Satuan Pengendalian Internal

Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara UoC dengan fakultas yang ada di ketiga perguruan tinggi. Setelah melakukan penandatanganan, agenda kegiatan berlanjut dengan kunjungan tim UoC di dampingi ketiga rektor ke beberapa fasilitas laboratorium yang ada lingkungan kampus Unila.

Di Kesempatan yang sama, perwakilan mahasiswa dari empat perguruan tinggi yang bekerja sama dan mahasiswa asing Unila mengikuti Stadium General ” Digital Transformation of Indonesian Health Care Industry“.

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber, yakni dr. Sri Indah Arumi Ningsih, Sp.Rad., Irza Sukmana, S.T.,M.T., PhD., Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D. dari Itera dan Dwi Marlina Syukri., S.Si., M.Bsc dari Universitas Malahayati. Stadium General dimoderatori oleh M. Wendy Triwijaya, S.H., M.H., dari UPT PKLI Unila.***