SNIP IV Tahun 2023 Digelar, Rektor Unila Hendaki Dibentuk Wadah Alumni PSPPI

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG – Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas Lampung kembali menggelar Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) IV Tahun 2023. Acara dilakukan secara hybrid daring dan luring di Hotel Swiss-Belhotel Lampung, Kota Bandar Lampung, Selasa (15/3/2023).

SNIP IV Tahun 2023 memiliki tema “Insinyur Indonesia sebagai Pelopor Teknologi”. SNIP merupakan wadah berkspresi untuk kegiatan keinsinyuran yang berfokus pada pengembangan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna.

Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM, menyampaikan apresiasi terhadap PSPPI FT Unila yang telah berhasil menyelenggarakan SNIP IV Tahun 2023 dengan sukses.

“Tantangan kita sepertinya kita punya kewajiban bagi seluruh sarjana tehnik ya, untuk mengikuti program SPPI ini, kenapa? Karena ini adalah suatu program yang diwajibkan untuk pra sarjana tehnik untuk mengikuti program ini dimana progam ini kan akan melihat sejauh mana kemampuan sarjana tehnik itu di bidang kejurusannya,” kata Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani saat wawancara dengan Krakatoa.id usai acara pembukaan, Selasa (15/3/2023).

Menurut Rektor Unila ini seorang insinyur harus memegang teguh etika profesi keinsinyuran yang dituliskan dalam Kode Etik Insinyur Indonesia.

“Insinyut itu itu punya integritas, punya kemampuan, punya kode etik. Nah itu yang banyak belum diterapkan di bangku kuliah dan di PSPPI inilah akan diberikan materi dan sebagainya.”

“Karena sebagaian besar adalah dari Provinsi Lampung tentunya kalau sudah banyak dari Provinsi Lampung PSPPI diharapkan insinyur yang ada di Provinsi Lampung ini punya integritas, punya kemampuan, dan punya kode etik yang bisa mengangkat semua pekerjaannya dengan baik dan sempurna,” kata Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani.

BACA JUGA :  Rektor Unila Hadiri World Cancer Day Chapter Lampung 2023

Pada SNIP IV Tahun 2023 ini, Rektor Universitas Lampung ini menyampaikan gagasnnya untuk dibentuk wadah alumni bagi para anggota PSPPI.

“Kan setiap lulusan pasti ada alumni ya dari SD, TK, bahkan sampai perguruan tinggi, apalagi ini PSPPI. PSPPI ini mahasiswanya kan berbeda dengan mahasiswa yang masuk S1, dia ada yang pengusaha, terus ada yang direktur, dan juga ada yang akademisi, banyak lah semua yang sudah mapan begitu kan sebagai mahawiswa PSPPI. Dan kalau itu diwadahkan dalam suatu alumni, itu akan baik sekali, di mana kita bisa jadikan program-program Unila, program-program pemerintah di dalam pekerjaan pelaksanaan keseharian pada saat mereka di lapangan, misalkan pengusaha gitu ya, kita bisa titipkan mahasiswa kita untuk magang dan sebagainya,” pungkasnya.

Panitia Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) IV Tahun 2023 bersama Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM.

Kaprodi PSPPI FT Universitas Lampung, Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, menyatakan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara SNIP IV 2023 dan mengucapkan terima kasih kepada PII Wilayah Lampung (Ketua PII Wilayah Lampung, Ir. Taufik Hidayat, M.M.,M.E.P, IPM), Fakultas Teknik Unila

(Dekan Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T.,M.Sc.), dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara tersebut.

“Kami berharap bahwa acara SNIP IV 2023 dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu keinsinyuran di Indonesia,” kata dia.

SNIP IV Tahun 2023 lanjutnya, menjadi sebuah bukti nyata bahwa pandemi tidak menghalangi para insinyur untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang keinsinyuran.

“Dengan adanya SNIP IV Tahun 2023, diharapkan dapat mendorong dan mempercepat pemulihan ekonomi global melalui inovasi insinyur profesional,” pungkasnya.

Ketua Panitia, Dr.Eng. Ir. Mardiana, S.T., M.T., IPM., SNIP IV Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023 dan menghadirkan tiga narasumber keynote dari profesional dan pemerintahan, yaitu: Ketua Tim Ahli Keinsinyuran Kementerian Kebudayaan, Pendidikan riset dan Teknologi RI, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU., ASEAN Eng (Guru Besar Teknik Geofisika ITB), Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Ir. Habibie Razak, M.Eng.Sc., IPU. APEC Eng, ACPE, Direktur Bisnis Bank Lampung, Ahmad Jahri.

BACA JUGA :  Masuki H-7, Pemudik Motor via Pelabuhan Ciwandan Mengalir Lancar

Ketiga narasumber memiliki pengalaman yang luas di bidangnya dan membawa perspektif yang berbeda dalam menghadapi tantangan industri 4.0. SNIP IV Tahun 2023 adalah pelaksanaan keempat dari agenda rutin seminar ilmiah yang diadakan oleh PSPPI FT Unila.

Narasumber keynote yang hadir pada acara SNIP IV 2023 juga menampilkan pakar dan tokoh yang berpengalaman di bidangnya. Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU., ASEAN Eng, Guru Besar Teknik Geofisika di ITB, hadir sebagai keynote pertama. Keynote kedua adalah Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Dr. Ir. Habibie Razak, M.Eng.Sc., IPU. APEC Eng, ACPE, yang juga memiliki pengalaman yang luas dalam bidang insinyur dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INKA.

Terakhir, keynote ketiga diisi oleh Direktur Bisnis Bank Lampung, Ahmad Jahri, yang akan membahas tentang penerapan teknologi dan inovasi di sektor keuangan.

Selain pemaparan oleh Keynote Speaker, SNIP IV Tahun 2023 juga menghadirkan 85 peserta pemakalah dari seluruh Indonesia yang membahas berbagai topik terkait inovasi di bidang keinsinyuran, mulai dari teknik sipil, mesin, elektro, komputer, informastika, kimia, lingkungan, arsitek, energi, pertambangan, geodesi, geologi, pertanian, kehutanan, perikanan, dan lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tamu undangan dan peserta seminar.

Terkait keinginan Rektor Universitas Lampung untuk dibentuk alumni PSPPI, Dr.Eng. Ir. Mardiana, S.T., M.T., IPM., menyambut baik.

“Saya menyambut baik ya, itu saya pikir satu semangat, satu ide yang baik, karena bagimanapun kalau kita berkumpul atau kita memang terorganisir, secara alumni, ikatan alumni, itu tentu saja kedepannya akan lebih rapih, lebih baik gitu di dalam pelaksanaan daripada yang kita tidak berkumpul begitu ya. Kalau saya sih menyambut baik, mudah-mudahan itu bisa kita implementasikan, bisa kita wujudkan bersama supaya nanti itu bisa terlaksana segera,” pungkasnya.***

BACA JUGA :  Kumham Goes to Campus Ajak Mahasiswa Unila Pahami KUHP Nasional