Mahasiswa FEB Unila Juara 1 Lomba Cepat Tepat Kebanksentralan

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung (Unila) mencatatkan prestasi gemilang usai meraih kemenangan dalam Lomba Cepat Tepat (LCT) Kebanksentralan yang berlangsung di KPw Bank Indonesia (BI) dan Lampung City Mall, 9-14 Mei 2023.

Pencapaian ini merupakan bagian dari rangkaian acara Library Weeks yang diadakan Perpustakaan KPw BI Provinsi Lampung dalam gelaran Lampung Begawi 2023.

Lomba Cepat Tepat Kebanksentralan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kebanksentralan sebagai bagian dari upaya Bank Indonesia dalam memajukan literasi publik.

Pada lomba tersebut, dua mahasiswa jurusan Manajemen FEB Unila Riyan Ramadhan dan M. Rafi Adzaky, berhasil menunjukkan kemampuan luar biasa mereka di bidang kebanksentralan dan keluar sebagai pemenang. Keduanya berhasil mengungguli 23 tim lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Lampung.

Riyan Ramadhan mengungkapkan, awalnya ia ragu untuk mengikuti lomba ini, terutama karena ini adalah pengalaman pertamanya. Namun, dengan dukungan keluarga dan rekan-rekannya, dia mengumpulkan keberanian untuk mencoba dan mengikuti lomba ini.

“Iya benar, ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba. Saya ragu karena ini pertama kalinya dan saya belum pernah mengikuti lomba semacam ini,” ujarnya ketika diwawancarai tim website.

Riyan dan Rafi, yang merupakan teman sekelas, melihat peluang yang ditawarkan LCT dalam acara Lampung Begawi. Keduanya telah mempersiapkan diri secara matang sebelum perlombaan dengan belajar bersama-sama.

Namun, yang tidak kalah penting adalah kerja tim yang solid dan kolaboratif mereka. Riyan menjelaskan,mereka membagi materi soal berdasarkan kemampuan masing-masing dan merencanakan strategi agar tidak ada yang menjawab dengan jawaban yang salah.

Saat mereka diumumkan sebagai pemenang LCT, Riyan tidak menyangka mereka berdua dapat memenangkan kompetisi ini. Terlebih lagi, mereka menghadapi lawan-lawan yang tangguh mulai dari babak penyisihan hingga babak semifinal.

BACA JUGA :  LPPM Unila Gelar Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Reviewer

Sejak mengikuti kompetisi ini, Riyan mengungkapkan prestasi ini telah memotivasinya untuk mengikuti perlombaan lainnya di masa mendatang dengan persiapan yang lebih matang.

Dia juga memberikan motivasi kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti kompetisi serupa untuk tidak meragukan kemampuan diri sendiri.

“Penting untuk tidak meragukan kemampuan kita. Jika ada peluang, cobalah dan lakukan yang terbaik. Jika kita gagal, setidaknya kita tahu sejauh mana kemampuan kita dalam menghadapi peluang tersebut,” ujarnya penuh semangat.

Sebagai penghargaan atas prestasinya, Riyan dan Rafi masing-masing menerima plakat penghargaan, sertifikat juara, dan hadiah dan uang tunai senilai Rp4.000.000. ***