Rusia Targetkan Kyiv dan Lviv dalam Serangan Drone Terbaru

KRAKATOA.ID, UKRAINA (VOA) — Kementerian pertahanan Ukraina mengatakan hari Selasa, pasukannya menembak jatuh 32 dari 35 drone Shahed buatan Iran yang digunakan Rusia dalam serangan udara yang menarget ibu kota, Kyiv, dan kota-kota Ukraina lainnya. Angkatan udara Ukraina mengatakan, fokus utama serangan di wilayah Kyiv.

Kepala administrasi militer Kyiv, Serhiy Popko mengatakan di aplikasi pesan Telegram, drone datang dalam beberapa gelombang, dan peringatan udara di Kyiv berlangsung tiga jam. Tidak ada laporan langsung tentang korban.

Di daerah Lviv di Ukraina barat, gubernur regional Maksym Kozytski mengatakan, Rusia menggunakan drone untuk menyerang prasarana penting.

Pejabat di wilayah Zaporizhia juga melaporkan serangan rudal Rusia terhadap sarana telekomunikasi dan daerah pertanian. Ukraina sedang mencari dana $40 miliar untuk tahap pertama “Green Marshall Plan” guna memulihkan ekonominya.

Dalam pertemuan dua hari di London mulai Rabu, politisi dan investor akan membahas rekonstruksi ekonomi jangka pendek dan jangka panjang Ukraina yang mencakup pengembangan industri besi dan baja bebas batu bara.

Menurut Bank Dunia, rekonstruksi Ukraina akan menelan biaya hingga $400 miliar, tiga kali lipat produk domestik bruto negara itu. Sejak invasi Rusia pada Februari 2022, para pendukung luar negerinya telah mendanai $59 miliar ke Ukraina untuk membiayai perang. [ps/ka]

BACA JUGA :  ASN Polresta Bandar Lampung Anjangsana Ke Rumah Pensiunan