Letusan Gunung Tertinggi di Eurasia, Rusia Tutup Sekolah di Dua Kota

KRAKATOA.ID (VOA), SEMENANJUNG KAMCHATKA, RUSIA — Kolom abu besar dimuntahkan dari gunung berapi aktif tertinggi di Eurasia pada Rabu (1/11), memaksa pihak berwenang menutup sekolah-sekolah di dua kota di semenanjung Kamchatka wilayah Rusia yang jarang penduduknya.

Letusan gunung berapi Klyuchevskaya Sopka mengeluarkan abu setinggi 13 kilometer di atas permukaan laut, kata para pejabat.

Tidak ada laporan korban cedera, namun para pejabat memerintahkan sekolah-sekolah di Ust-Kamchatsk dan Klyuchy ditutup sebagai tindakan pencegahan. Setiap kota itu berpenduduk sekitar 5.000 jiwa. Klyuchy terletak sekitar 30 kilometer dan Ust-Kamchatsk berjarak 50 kilometer dari gunung berapi itu.

Gunung berapi strato setinggi 4.650 meter (15.255 kaki) itu telah aktif dalam beberapa tahun terakhir dan mengeluarkan lava pada bulan Juni.

Semenanjung Kamchatka, yang terbentang hingga Samudera Pasifik sekitar 6.700 kilometer di sebelah timur Moskow, terkenal dengan rangkaian gunung berapi aktif dan tidak aktif, geyser, dan sumber mata air panas. [ns/lt]

BACA JUGA :  Refleksi 1 Tahun Kepemimpinan Rektor Unila: Capaian Unggul dan Apresiasi “Be Strong”