FMIPA Unila-BPKIL KKPRI Kerjasama Pelaksanaan MBKM

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) kembali menjalin kerjasama untuk mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi di fakultasnya. Kali ini kerjasama dijalin dengan Balai Pengujian Kesehatan Ikan dan Lingkungan (BPKIL) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKPRI).

Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) serta dokumen implementasi kerjasama oleh Dekan FMIPA Unila dengan pihak BPKIL, Rabu, 30 Agustus 2023 di BPKIL KKPRI Serang, Banten. Dalam pertemuan tersebut turut hadir tim Jurusan Kimia FMIPA Unila dan para perwakilan BPKIL KKPRI yang mendampingi.

BPKIL merupakan salah satu dari dua Balai Pengujian yang dimiliki oleh KKPRI yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang pemeriksaan hama, penyakit ikan dan lingkunganya yang berada di bawah Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB).

Kepala BPKIL drh. Toha Tusihadi mengatakan, balai ini memiliki fungsi antara lain penyiapan metode, pengujian penapisan, pelaksanaan uji profisiensi, pelaksanaan surveilan dan monitoring dengan ruang lingkup uji hama dan penyakit ikan, obat ikan, residu, pakan ikan, dan lingkungan perikanan budidaya.

Dr. Eng Heri Satria dalam kesempatan tersebut mengatakan, FMIPA sedang terus mengembangkan program kerja sama sebagai penguatan untuk proses pembelajaran mahasiswa agar dapat memahami hubungan antara ilmu MIPA dengan ilmu lainnya. Dengan begitu mahasiswa kelak diharapkan memiliki bekal saat mengaplikasikan ilmunya untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

“Selama ini proses pendidikan di FMIPA memadukan antara teori dan praktikum di laboratorium, dan juga pengalaman praktis mahasiswa selama praktek kerja lapangan (PKL) dan magang. Perpaduan ini diharapkan akan berdampak pada profil lulusan yang dihasilkan oleh FMIPA Unila sesuai dengan amanah kurikulum yang dijalankan,” ujarnya saat memberi sambutan.

BACA JUGA :  Tim SAR Gabungan Evakuasi 3 Orang Nelayan di Pulau Sertung Kalianda Lampung Selatan

Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unila, Mulyono, menambahkan bahwa Jurusan Kimia FMIPA Unila sendiri merupakan salah satu pemenang HIBAH Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dua tahun berturut-turut yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).

“Program PKKM yang dilaksanakan yaitu program membangun desa, magang industri, pertukaran mahasiswa dan penelitian yang diikuti oleh 64 orang mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2023-2024 ini,” katanya di hadapan pihak BPKIL KKPRI.

Sebelum penandatanganan PKS, rombongan FMIPA Unila diajak meninjau fasilitas yang dimiliki oleh BPKIL sekaligus meninjau kegiatan magang yang dilaksanakan mahasiswa FMIPA Unila dan juga kegiatan magang mahasiswa lainnya yang sedang berlangsung di Balai ini.

Pada kunjungan kali ini juga dilaksanakan monitoring pelaksanaan PKKM magang industri yang dilaksanakan oleh dua orang mahasiswa jurusan Kimia FMIPA, yakni Vanessa Wardani dan Rahmadina Pratiwi di BPKIL.

Mereka mempresentasikan ruang lingkup kegiatan selama magang di BPKIL serta target-target yang akan dicapai selama empat bulan pelaksanaan magang yang berpotensi untuk dilanjutkan sebagai kegiatan riset mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mereka.***