Unila Selenggarakan The 4th ULICoSS dan ULICoSTE 2023

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan The 4th Universitas Lampung International Conference on Social Sciences (ULICoSS) dan The 4th Universitas Lampung International Conference on Science, Technology, and Environment (ULICoSTE), Selasa hingga Jumat, 5-8 September 2023.

Acara bertajuk Synergizing Technology, Sustainability, and Innovation: Fostering Future Solutions, Digital Transformation, and Human Capital Empowerment dibuka secara resmi oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean. Eng di Hotel Radisson, Bandarlampung.

Tahun ini acara ULICoSS dan ULICoSTE berfokus pada pembahasan transformasi dan inovasi digital untuk memperkuat kearifan lokal dan sumber daya manusia serta solusi dari permasalahan global untuk membentuk masa depan.

Ketua LPPM Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.S., menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan kontribusi dan membangun kolaborasi di bidang akademik, khususnya pada topik-topik potensial yang berfokus pada kemajuan teknologi terkini dan pemanfaatannya di masa depan.

Selanjutnya, Prof. Lusmeilia dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ULICoSS dan ULICoSTE menjadi salah satu bukti Unila dalam pengembangan pendidikan dan penelitian yang berguna bagi masyarakat.

“Kedua konferensi ini memberikan bukti nyata bahwa Universitas Lampung memiliki komitmen yang kuat untuk berkontribusi positif terhadap pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan di Indonesia” ujarnya.

ULICoSS dan ULICoSTE tahun ini menghadirkan pembicara utama dari negara Rusia, Malaysia, Jepang, Perancis, Palestina, Tiongkok, dan Indonesia.

Sejumlah keynote speaker ULICoSS di antaranya Assoc. Prof. Tetsu Konishi, Ph.D. dari Fukuoka Women’s University, Jepang, Prof. Irina Shestakova dari ST. Petersburg Mining University, Rusia, Dr. Dany Amrul Ichdan, Vice General Director of Mining Industry Indonesia (MIND ID), Prof. Dr. Mohamd Fazli Sabri, Universiti Putra Malaysia, Malaysia dan Arizka Warganegara, S.IP.M, M.A, Ph.D., dari Unila.

BACA JUGA :  Unila Gelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Sementara penyelenggaraan ULICoSTE menghadirkan Assoc. Prof. Jiajia Shan, Ph.D. dari Dalian University of Technology, China, Assoc. Prof. Mohammed Benaouda, Ph.D., dari Institut Agro Dijon, Perancis, Prof. Wersam Almadhoun dari Gaza University, Palestina, Prof. Diding Suhandy dari Unila, dan Prof. Nurul Taufiqurrahman, Ketua Masyarakat Nano Indonesia Brin.

Konferensi ini dihadiri oleh 300 peneliti meliputi 150 peneliti fokus pada ilmu sosial ULICoSS dan 150 peneliti lainnya dari ULICoSTE.

Adapun beberapa tema yang diulas meliputi Local Politic Dynamics, Bureaucracy and Administrative Issues, Economics, Business and Management Transformation , Digital Business and Marketing, Innovative Communication, History, Cultures, and Social Art Innovations, and Human Rights and Social Welfare Development and in the Sciences, Technology, and Environment.

Pembukaan acara ULICoSS dan ULICoSTE turut dihadiri Wakil Rektor bidang Akademik, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama, dan TIK, para Dekan, para Ketua Lembaga, dan para Kepala UPT.***