Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023, Pemprov Lampung Ajak Masyarakat Stop Boros Pangan

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung melalui melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Lampung mengajak “STOP BOROS PANGAN” pada momen Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023. Ajakan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Halaman Kantor Gubernur, Jumat (3/11/2023).

Dalam kesempatan itu mendampingi Gubernur Arinal dalam mengkampanyekan Stop Boros Pangan didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan TPH Provinsi Lampung Ir. Bani Ispriyanto, M.M., dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi, berserta sejumlah pejabat eselon II lainnya.

Gubernur Arinal mengajak semua pihak agar mengkampanyekan Gerakan Selamatkan Pangan melalui “Stop Boros Pangan” sebagai wujud komitmen Pemerintah daerah dalam upaya pencegahan Food Waste di Provinsi Lampung.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan TPH Provinsi Lampung Ir. Bani Ispriyanto, M.M., mengungkapkan bahwa setiap tahun 23 – 48 ton makanan terbuang menjadi sampah.

“Makanan yang terbuang tersebut, menyebabkan kerugian ekonomi mencapai 213-551 triliun (4-5% dari PDB). Bayangkan dengan jumlah makanan yang terbuang tersebut, dapat memberi makan 61-125 juta orang Indonesia. Jadi tidak akan ada yang kelaparan,” kata Bani.

Bani mengajak pada masyarakat untuk mulai bijak membeli bahan pangan yang cukup sehingga tidak ada yang rusak pada saat penyimpanan dan terbuang serta mengambil makanan seperlunya kemudian menghabiskan makanan.

Pada kesempatan ini Kadis Ketahanan Pangan TPH Provinsi Lampung membagikan 8 Tips STOP BOROS PANGAN:
1. Ambil makan secukupnya dan habiskan
2. Bawa pulang makanan (take away), jika tidak dihabiskan
3. Bijak Berbelanja Pangan
4. Atur penyimpanan bahan makanan (Gunakan wadah yang baik, sesuaikan dengan karakteristik pangan)
5. Biasakan cek tanggal kadaluarsa, konsumsi terlebih dahulu makanan yang masa simpanya lebih pendek
6. Olah kembali pangan yang berpotensi terbuang menjadi menu yang variasi
7. Manfaatkan bagian pangan yang berpotensi terbuang
8. Donasikan pangan yang berlebihan kepada yang membutuhkan.

BACA JUGA :  Dinas Ketahanan Pangan TPH Provinsi Lampung Gelar Rakor Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2022 Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan

“Mari selamatkan pangan, stop boros pangan!,” pungkas Bani.*