Rayakan Peringatan Hari Ibu, PUSPA Provinsi Lampung Selenggarakan Pelatihan Media Sosial Positif Tanpa Kekerasan dalam Pringsewu Barat Harmoni

KRAKATOA.ID, PRINGSEWU — Forum Komunikasi (Forkom) Partisipasi Masyarakat dalam Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PUSPA) Provinsi Lampung memperingati hari ibu dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Media Sosial Positif Tanpa Kekerasan yang bertajuk Pringsewu Barat Harmoni. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PUSPA Provinsi Lampung, Dinas P3AP2KB Kabupaten Pringsewu, dan Forum Anak Kabupaten Pringsewu.

Menurut Yuli Nugrahani, Ketua Forum PUSPA Provinsi Lampung, ini adalah kali kelima Forum Puspa mengadakan kegiatan Harmoni yang bertujuan untuk mengkampanyekan perlindungan hak-hak perempuan dan anak.

“Kegiatan Harmoni menjadi program unggulan Puspa Provinsi Lampung. Program ini ingin mengupayakan partisipasi masyarakat dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Tiga masalah utama yang menjadi latar belakang pendirian PUSPA yaitu kekerasan, perdagangan orang dan ketidakadilan ekonomi, seharusnya menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat. Dan karenanya, masyarakat juga harus peduli dan ikut terlibat dalam mengatasinya,” papar Yuli.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Pringsewu Nana Adi Erlansyah. Dalam sambutannya Ketua TP PKK kabupaten Pringsewu berharap semoga anak dan remaja di Kabupaten Pringsewu menjadi anak-anak yang memiliki literasi digital yang baik dan menjadikan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan hal-hal yang positif dan produktif bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Pringsewu Bersahaja.

Kegiatan diadakan di Aula Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung ini dibuka secara resmi oleh Yanti Hakim S.H.M.H, selaku selaku Kepala Bidang Data Gender Dan Anak Dan Partisipasi Masyarakat Dinas PPPA Provinsi Lampung, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung. Selain pelatihan media sosial yang menghadirkan narasumber Bery Decky Saputra, CEO Lampung Geh, diadakan juga kegiatan lain pada lokasi dan waktu yang sama dengan melibatkan lembaga-lembaga masyarakat anggota PUSPA Provinsi Lampung.

BACA JUGA :  Israel Setujui Ribuan Izin Mendirikan Bangunan di Tepi Barat

Tercatat ada Pelayanan Kesehatan dari PKBI Lampung, Pojok Konsultasi Hukum dari Afrintina Law & Partners, Bazar makanan Perempuan Timur, Pojok Curhat Psikologi dan konseling Keluarga (LPPM) Universitas Muhammadiyah Lampung, Pojok Bahagia Konseling KKGP UNILA, Pos Bantuan Hukum PW Aisyiyah Lampung, Pojok Literasi Nasiyatul Aisyiyah Pringsewu, Pojok ekoenzym Wanita Katolik RI Lampung, pewarnaan batik oleh Ramones art dan seterusnya.

Kegiatan dihadiri oleh 80 pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Pringsewu sebagai peserta pelatihan. Selain itu juga dilibati oleh masyarakat sekitar lokasi dari Desa Pringsewu Barat yang memanfaatkan pojok-pojok yang diselenggarakan oleh PUSPA. ***