Tersesat di Hutan Sukaraja Lampung Barat, Seorang Nenek Berhasil Dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan Dalam Keadaan Selamat

KRAKATOA.ID LAMPUNG BARAT — Tim SAR Gabungan berhasil menemukan nenek yang tersesat saat berkebun di Hutan Desa Sukaraja Kec. Batu Brak Kab. Lampung Barat pada Kamis (04/01/2024).

Kejadian berawal pada Selasa (02/01) sekitar pukul 07.00 WIB korban a.n. Sarmi (91) pergi ke kebun namun hingga sore hari korban belum juga pulang. Kemudian keluarga korban menyusul dan di temukan hanya perkakas (bakul) yang biasa dibawa korban.

Keluarga korban dan warga sekitar melakukan pencarian secara mandiri namun belum ditemukan hingga akhirnya kejadian tersebut dilaporkan kepada Basarnas pada Rabu (03/01) Pukul 20.45 WIB. Korban merupakan warga Desa Sukaraja Kec. Batu Brak, Kab. Lampung Barat.

Mendapat laporan tentang kejadian tersebut, Kepala Kantor SAR Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. langsung mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk melakukan pencarian.

Pada hari Kamis (04/01) pukul 03.45 WIB tim tiba di lokasi dan langsung melakukan koordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Babinsa Sukaraja, Polsek Sukaraja, TRC-RAPI Lampung Barat, BPBD Lampung Barat, dan Masyarakat Setempat. Kemudian Tim SAR Gabungan menyepakati mulai pencarian dengan metode ESAR Closed Grid Tipe 3 dari titik duga lokasi hilang menuju Desa Sukaraja.

Pukul 07.00 WIB tim SAR Gabungan memulai pencarian kembali dengan metode ESAR. Kemudian sekitar pukul 12.55 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dengan keadaan selamat pada Koordinat 4°58’41″S 104°7’55″E Radial 150.51° Jarak ± 1.5 Km arah Selatan Tenggara dari lokasi kejadian. Saat di temukan, kondisi korban terduduk dengan raut wajahnya terlihat kelelahan.

Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah korban. Pukul 13.50 WIB korban telah berhasil dievakuasi ke rumahnya dan diserahkan kepada pihak keluarga.

BACA JUGA :  Tujuh Warga Anak Tuha Dipulangkan ke Keluarga Usai Pemeriksaan Pasca Aksi Penolakan Pengelolaan Lahan PT BSA

Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah diwakili oleh Koordinator Pos SAR Tanggamus Roby Rusli menyampaikan kebenaran info tersebut. “Alhamdulilah nenek Sarmi telah berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pukul 12.55 WIB. Selanjutnya dievakuasi menuju rumahnya,” ujar Roby.***