Kolaborasi Pertama antara Singapore Tourism Board dan Pakuwon Group untuk Meningkatkan Pengalaman Ritel bagi Wisatawan Indonesia

KRAKATOA.ID, SURABAYA — Singapore Tourism Board (STB) menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC) yang berdurasi satu tahun dengan salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, Pakuwon Group. Kolaborasi ini juga menandai kemitraan pertama antara Pakuwon Group dan Organisasi Pariwisata Nasional, yang menegaskan komitmen STB untuk terus memperkenalkan pengalaman inovatif bagi wisatawan Indonesia.

Mulai bulan Januari hingga November 2023, Singapura mencatat 2,06 juta wisatawan dari Indonesia dan jumlah ini merupakan jumlah wisatawan tertinggi jika dibandingkan dengan wisatawan dari negara lain. Singapura menghasilkan belanja pariwisata sebesar 1,42 miliar dolar Singapura pada Januari hingga Juni 2023. Mengingat bahwa komponen belanja secara konsisten menempati peringkat teratas dalam keseluruhan belanja pariwisata wisatawan dari Indonesia (35% dari total belanja pariwisata pada enam bulan pertama tahun 2023), kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman ritel dan mendorong pembelanjaan di Singapura dan Indonesia. Inisiatif ini sejalan dengan strategi STB untuk meningkatkan daya tarik dan destinasi wisata Singapura melalui kolaborasi strategis.

Terrence Voon, Executive Director STB South East Asia, mengatakan “Wisatawan dari Indonesia memiliki minat dalam berbelanja dan kami sangat senang dapat bermitra dengan Pakuwon Group untuk meningkatkan pengalaman ritel dari wisatawan Indonesia di Singapura. Indonesia adalah sumber pengunjung wisatawan yang penting bagi Singapura dan kami berharap dapat bekerjasama baik dengan Pakuwon Group untuk menunjukkan rangkaian penawaran gaya hidup berskala Internasional yang menarik kepada pengunjung Pakuwon.”

Senada dengan hal ini, Direktur Pakuwon Group Leon Tedja mengatakan, “Singapura secara konsisten menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat Indonesia dan kami melihat sinergi yang besar dalam kolaborasi dengan Singapore Tourism Board untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pengunjung baik Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall, khususnya para pengunjung yang tergabung dalam PG Card Member.”

BACA JUGA :  Mutiara Nurhaliza, Mahasiswi FH Wakili Indonesia di Harvard WorldMUN 2024

Memorandum of Collaboration (MOC) akan mencakup berbagai bidang seperti branding dan pemasaran bersama, meningkatkan pengalaman ritel bagi konsumen di Singapura dan Indonesia, serta bertukar wawasan tentang konsumen dan pasar di Indonesia. Konsumen di Indonesia dapat menantikan nilai tambah dan penawaran ritel yang menarik di Singapura.***