Renstra Yayasan Xaverius Tanjungkarang : Perjuangan dan Harapan

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi seluruh sendi kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan. Yayasan Xaverius Tanjungkarang dengan jeli melihat begitu besar tantangan dalam dunia pendidikan, oleh karena itu Yayasan Xaverius mengajak seluruh Xaverian melalui tim yang dibentuk untuk menyusun rencana strategis (renstra).

Proses panjang lebih dari tahun penyusunan renstra bersama konsultan management strategis Dr. Alex Tribuana Sutanto mensyaratkan kerja keras dari seluruh guru dan karyawan dari awal penyusunan hingga dalam mengimplementasikan renstra.

Agenda sosialisasi dan presentasi renstra 25 unit sekolah Xaverius se-Lampung yang berlangsung pada tanggal 20-21 Februari 2024 memberikan beberapa catatan penting yang harus dijalankan oleh seluruh warga Xaverius.

Ketua Yayasan Xaverius Tanjungkarang Romo Andreas Sutrisno, Pr yang secara resmi menutup acara sosialisasi dan presentasi renstra menyampaikan bahwa Yayasan Xaverius dengan semua unit sekolah adalah warisan dari para pendahulu. “Maka sebagai penerus sama artinya sebagai pelaku perubahan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi sekarang dan di masa yang akan datang,” kata Romo Sutris.

Ajakan serius Romo Andreas Sutrisno disampaikan untuk seluruh Kepala Sekolah guru yang mengikuti sosialisasi dan presentasi renstra seluruh sekolah Xaverius yang merupakan turunan dari renstra Yayasan Xaverius Tanjungkarang.

“Mari meskipun kita lelah, letih, dan bingung tetapi dengan tekat mau bersinode jalan bersama, mau membuka hati, mau belajar dengan ikhlas dan keterbukaan maka apa yang kita harapkan terhadap Yayasan di masa yang akan datang pastilah akan tercapai,” ajak Romo Sutris.

“Sebagai seorang pastor sayapun siap mengubah mind set saya bersama seluruh guru dan karyawan dalam pelayanan di bidang pendidikan ini,” ungkapnya.

Salah seorang Kepala SD Xaverius Terbanggi Besar, Martha Endang Krismiati saat dihubungi Krakatoa.com di lokasi pertemuan menyampaikan kesan yang mendalam dan luar biasa. “Semoga renstra yang telah disusun bersama akan membawa perubahan seluruh sekolah Xaverius menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

BACA JUGA :  Yayasan Xaverius Tanjungkarang Selenggarakan Sosialisasi, Presentasi dan Penyusunan Renstra 2023-2028

Dr. Alex Tribuana Sutanto selaku konsultan penyusunan renstra Yayasan Xaverius Tanjungkarang 2023-2028 dengan konsisten menyampaikan keyakinan bahwa warga Xaverius pasti bisa membuat renstra dan melaksanakan dengan baik meskipun pasti tidak mudah. “Tapi bisa,” pungkasnya.***

Editor : F. Joko Winarno