Kanwil Kemenkumham Lampung Kenalkan Tugas dan Fungsi Lewat NGOBRAS di Griya Abhipraya

KRAKATAOA.ID, BANDAR LAMPUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung menggelar NGOBRAS (Ngobrol Santai) bareng Kemenkumham Lampung dengan tema “Perkuat Sinergi dan Kolaborasi yang Semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk Kinerja Kemenkumham Lampung yang berdampak” sekaligus buka puasa bersama.

Kegiatan yang digelar di Griya Abhipraya, Bandar Lampung (19/03/2024) ini dihadiri oleh Pimti Pratama serta Kepala UPT Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung, Danramil Jatiagung, Kapolsek Jatiagung, Kapolsek Sukarame, Perwakilan Organisasi Bantuan Hukum dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari Kampus wilayah Bandar Lampung.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kakanwil, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing menyampaikan bahwa melalui ngobrol santai ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi, memperkuat sinergitas, buka bersama sekaligus guna mengenalkan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mungkin selama ini hanya dikenal sebatas dengan pemasyarakatan dan keimigrasian.

Selain pemasyarakatan dan keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM juga menjalankan tugas dan fungsi lain diantaranya turut serta dalam pembentukan produk hukum daerah, pelayanan hukum publik seperti layanan Kekayaan Intelektual, layanan Administrasi Hukum Umum yang di dalamnya ada banyak jenisnya, penyuluhan hukum kepada masyarakat umum.

Kemudian bantuan hukum gratis untuk orang miskin melalui mitra Organisasi Bantuan Hukum yang sudah terverifikasi dan terakreditasi sebagai upaya negara dalam memenuhi hak warga negaranya dalam kebutuhan akses terhadap keadilan (acces to justice) dan persamaan di hadapan hukum (equality before the law), serta layanan Hak Asasi Manusia.

Sesi selanjutnya merupakan sesi diskusi/ ngobrol bareng teman-teman perwakilan Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian serta Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Sesi ngobrol ini diperuntukan untuk mengenal tugas dan fungsi setiap divisi.

BACA JUGA :  Kantor Pos Khusus untuk Sinterklas

Seperti halnya Divisi Administrasi yang merupakan fasilitator bagi kegiatan yang ada di kantor wilayah, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang memberikan pelayanan seperti Apostille, Perseroan Perorangan, hingga berbagai Hak Kekayaan Intelektual.

Panitia juga menyiapkan sesi tanya jawab dan pemberian Dorprize oleh Kakanwil kepada peserta yang aktif menyimak dan memberikan jawaban yang benar. Kegiatan ditutup dengan Kultum dan buka bersama dengan para tamu undangan.***