Unila Gandeng Disbun Lampung Beri Pembinaan Usaha Perkebunan

# Dibaca: 18 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Lampung menggelar kegiatan pembinaan usaha perkebunan tahun 2022 bertajuk Pemanfaatan Limbah Pohon Kelapa Sawit. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Dekanat Fakultas Pertanian (FP) Unila, Rabu, 3 Agustus 2022.

Pada kegiatan itu, Dekan FP Unila Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., menguraikan, jutaan batang kelapa sawit yang ada di Provinsi Lampung jika dimanfaatkan secara baik dan optimal akan mendatangkan manfaat bagi perusahaan dan petani kelapa sawit.

Akan tetapi tanaman kelapa sawit yang ada di Provinsi Lampung, sebagian besar sudah mengalami levelling off dalam konteks produksi, karena sudah berusia lebih dari 25 tahun.

Di sisi lain, pengelolaan batang kelapa sawit yang sudah tumbang atau digantikan dengan kelapa sawit baru masih menjadi persoalan dalam hal peningkatan produksi kelapa sawit.

Pengelolaan yang buruk juga dapat menimbulkan persoalan baru, di antaranya muncul kumbang tanduk Oryctes rhinoceros, hama yang umum menyerang dan berkembang biak di batang-batang kelapa sawit yang sudah busuk.

“Oleh karena itu badan pengelola dana kelapa sawit menggelontorkan hibah untuk peremajan sawit rakyat senilai 30 juta rupiah per hektare. Peremajaan harus dilakukan demi meningkatkan produksi kelapa sawit yang ada di Provinsi Lampung,” ujar Irwan Sukri Banuwa.

Masih di kegiatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Ir. Yuliastuti, M.T.A., menyampaikan, pembinaan usaha perkebunan sudah dilakukan untuk penetapan kelas kebun.

Terkait dengan limbah pohon kelapa sawit, lanjut Yuliastuti, Unila sudah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan nilai tambah bagi petani untuk usaha sawitnya, terutama petani di luar mitra.

Terdapat delapan aspek penilaian usaha perkebunan dalam upaya pembinaan usaha perkebunan, di antaranya pengelolaan lingkungan. Dari kelas kebun itu akan digunakan untuk perpanjangan hak guna usaha.

Baca Juga :   Fakultas Hukum Unila Gelar I-Coffees 2022

Prof. Dr. Ir. Udin Hasanudin, M.T., yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut memaparkan Pemanfaatan Limbah Pohon Kelapa Sawit. Adapun poin materi meliputi program peremajaan sawit rakyat, potensi ekonomi batang sawit, batang sawit ditinggalkan di areal replanting, chipping batang sawit tua.

Selanjutnya, pembahasan upaya pemanfaatan batang sawit tua, Iptek pengolahan batang sawit untuk produk perkayuan, produk pati sawit dan energi, flow process diagram of oil palm trunk utilization, pemanfaatan batang sawit tua untuk produksi nira secara tradisional, pemanfaatan batang sawit tua untuk mendukung program peremajaan sawit rakyat, dan pemanfaatan ampas batang sawit.

Prof. Udin Hasanudin beserta tim, mendapatkan mandat dari badan pengelola dana kelapa sawit untuk melakukan langkah-langkah strategis agar peremajaan sawit rakyat bisa berhasil dengan optimal. Dengan langkah-langkah yang sudah dilakukan, ini bisa bermanfaat bagi mitra-mitra pengusaha terkait dengan tanaman kelapa sawit.

Acara pembinaan usaha perkebunan tahun 2022 turut dihadiri perwakilan dinas pertanian dan perkebunan serta sejumlah perusahaan perkebunan mitra Universitas Lampung dari berbagai kabupaten.***