SNIP 2022 Universitas Lampung Digelar, Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Global

# Dibaca: 73 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG – Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas Lampung menggelar Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) 2022. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid daring dan luring di Hotel Swiss-Belhotel Lampung, Bandarlampung, Rabu (21/9/2022).

SNIP 2022 mengambil tema “Inovasi Insinyur Profesional Dalam Rangka Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Global”.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung, Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc, yang membuka acara ini memberikan apresiasi terhadap program studi Program Profesi Insinyur yang berhasil menjadi tempat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi keinsinyuran bagi para insinyur.

Dikatakan Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung, SNIP merupakan wadah berekspresi untuk kegiatan keinsinyuran yang menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna.

Sementarat itu Ketua Program Studi Pofesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung (PSPPI FT Unila), Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., mengatakan acara dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 21 s.d. 22 September 2022.

“Kami menghadirkan narasumber keynote dari profesional dan pemerintahan, yaitu: Sekretaris Jendral Persatuan Insinyur Indonesia : Ir. Bambang Goeritno, IPU dan Sekretaris Daerah Tulang Bawang Barat, Ir. Antony, M.M.,” jelas Dikpride Despa.

Materi pada keynote, lanjut Dikpride Despa adalah “Transformasi Keinsinyuran di Indonesia Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi” oleh Ir. Bambang Goeritno, MSc. MPA. IPU. Sekretaris Jenderal PII dan “Arah Kebijakan Pembangunan Pertanian Kabupaten Tulang Bawang” oleh Ir. Antony, M.M..

“Kedua narasumber memiliki pengalaman yang telah teruji dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia,” terangnya.

Dijelaskan PSPPI FT Unila, SNIP 2022 adalah pelaksanaan tahun ketiga dari agenda rutin seminar ilmiah yang diadakan oleh PSPPI FT Unila.

Baca Juga :   Ini Hasil Gerak Cepat Bank Lampung Antisipasi Skimming

“Selain pemaparan oleh keynote speaker, sesi paralel juga menghadirkan berbagai bahasan dari para peserta insinyur di Indonesia,” tandasnya.

Sekretaris Daerah Tulang Bawang Barat, Ir. Antony, M.M. dalam pemaparan materinya menyampaikan terkait dengan kebijakan pembangunan pertanian di Tulang Bawang.

“Pertanian salah satu mega sektor disiplin ilmu keinsinyuran itu sangat diharapkan kontribusinya, baik yang menyangkut sitem budidaya, maupun insinyur yang menyakut sektor-sektir penunjang seperti, dukungan dari infrastruktur bahkan sampai ke perumahan dan pemukinan,” kata Antony kepada Krakatoa.id.

Antony berharap kegiatain ini dapat saling memberikan informasi. “Mudah-mudahan para insinyut dengan latar belakang mungkin analis, dosen, konsultan, ada juga yang bergerak di bidang usaha bisa juga bisa bersinergilah untuk membangun kinerja, bagaimana Tulang Bawang merupakan bagian dari Provinsi Lampung dan Nasional. Diharapkan ini bisa memberikan kontribusi yang sifnifikan bagi pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wialyah Lampung Taufik Hidayat berharap kegiatan ini sebagai upaya pembinaan untuk meningkatkan profesionalisme insinyur.

“SNIP inikan bagain dari upaya pembinaan profesionalisme insinyur, karena insinyur itu terus berkarya berkembang mengantisipasi perkembangan teknologi yang ada,” kata Topik Hidayat.***

Ketua Panitia SNIP 2022 Ir. Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I., IPM menjelaskan 183 makalah disajikan oleh para peserta SNIP 2022 dan mengangkat berbagai topik berkenaan dengan inovasi di bidang keinsinyuran yang ditulis dalam bentuk artikel ilmiah.

“Mulai dari bidang keilmuan seperti teknik sipil, mesin, elektro, komputer, informastika, kimia, lingkungan, arsitek, energi, pertambangan, geodesi, geologi, pertanian, kehutanan, perikanan, dan lainnya,” tandasnya.

Gigih Forda Nama menegaskan semua artikel akan diterbitkan dalam prosiding ilmiah SNIP 2022 yang bisa menjadi referensi ilmiah keinsinyuran profesional Indonesia.***

Baca Juga :   Hilang Saat Mencari Ikan, 2 Nelayan Bengkunat dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

Editor : Robertus Bejo