IC-Star 2022 Fokus Inovasi Transformasi Pengembangan Teknik dan Teknologi Pasca Covid-19

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG – The 8th International Conference on Science Technology and Interdisciplinary Research (IC Star 2022) kembali digelar secara hybird pada Selasa, 27 September 2022 di Hotel Bukit Randu.

Sebanyak 60 peserta perwakilan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri menghadiri seminar internasional yang digelar Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Ketua Konferensi IC Star 2022 Prof. Ir. Irza Sukmana, S.T, M.T, P.hd mengatakan, “Dengan mengangkat tema utama yakni Post Covid-19 Innovation and Transformation for The Development of Engineering and Science, IC-Star pada tahun ini berfokus pada pembahasan pengembangan sains dan teknologi yang lebih inovatif dan lebih produktif dalam penelitian untuk masa depan lebih baik pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dari peserta selain dari Indonesia, konferensi internasional ini juga diikuti partisipan dari mancanegara seperti Kanada, Algeria, India dan Philipina.

Sejumlah profesor menjadi narasumber dalam acara itu diantaranya Prof Dr Joni Agustian, S.T., M.Sc. dari Universitas Lampung, Prof Syarifah Nur Aqida binti syed Ahmad dari Universiti Malaysia Pahang, Dr Yongqiang Cheng dari University of Hull, UK dan Dr. Fetaman M. Nor dari Universitas Teknologi Brunei Darusalam.

“Total ada 4 pembicara dari Indonesia dan mancanegara, serta 4 negara lainnya sebagai partisipan dalam acara IC-Star 2022,” ujar Dr. Irza Sukmana.

Rektor Universitas Lampung yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., mengatakan, kondisi saat ini pasca Covid-19 dituntut banyak dengan inovasi dan kreativitas dalam mengahadapi era new normal. Inovasi baik dalam teknik, kedokteran dan bidang yang lain, kemudian didorong untuk ada hilirisasi sehinga akan ada kaitan antara universitas dan industri.

BACA JUGA :  Demo Berlangsung Kondusif, Kabid Humas : Polisi Lakukan Langkah filterisasi untuk Mengantisipasi Penyusup

“Universitas Lampung mendorong penguatan potensi masyarakat untuk pengembangan inovasi, kreatifitas dan riset dengan tujuan mampu menghadapi era new normal agar lebih produktif dalam penelitian,” ujarnya saat membuka secara resmi gelaran IC-Star 2022.

Universitas Lampung khususnya Fakultas Teknik secara progresif berkeinginan memperluas jaringan penelitian dan kontribusinya pada dunia sains dan teknologi. Konferensi ini diharapkan dapat secara signifikan memberikan sarana bagi peserta untuk terlibat dalam diskusi yang bermanfaat selama dan setelah konferensi.***

Komentar