43 Dosen Unila Ikuti PEKERTI Batch 1

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Sebanyak 43 dosen di lingkungan Universitas Lampung (Unila) mengikuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) Batch 1, di ruang sidang lantai 4 gedung Rektorat setempat, Senin 6 Maret 2023.

PEKERTI Batch 1 Unila diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Aktivitas Instruksional dan Inovasi Pembelajaran (PPAI IP) LP3M Unila. Kegiatan akan berlangsung selama 7 hari hingga 10 Maret 2023 dan dilanjutkan pada tanggal 13-14 Maret 2023.

PEKERTI merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan Pedagogik. Program ini ditujukan untuk dosen pemula agar memiliki konsep-konsep dasar dalam pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar yang memadai.

Output dari terselenggaranya kegiatan PEKERTI diantaranya adalah mampu menerapkan berbagai teori belajar dasar- dasar komunikasi dan keterampilan mengajar, serta mampu menciptakan model-model pembelajaran inovatif, dosen mampu menyusun desain instruksional, mampu membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran kurikulum.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T mewakili Rektor Universitas Lampung, dalam sambutannya menyampaikan, PEKERTI Batch 1 merupakan bagian dari peningkatan mutu program studi di Unila yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi dosen di lingkungan Unila.

“Kegiatan ini sangat penting, karena output dari kegiatan ini yaitu mendapatkan sertifikat yang menjadi syarat wajib untuk mengikuti sertifikasi dosen,” ujarnya.

Dr. Suripto berharap, melalui pelatihan ini dosen mampu menumbuhkan rasa semangat dalam mempelajari materi-materi yang diberikan, mengikuti arahan-arahan dari para instruktur, berpartisipasi aktif, dan mengerjakan tugas dengan baik dan benar serta tepat waktu.

“Saya berharap para peserta dapat mengelola proses pembelajaran secara professional sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran di Universitas Lampung,” pintanya.

BACA JUGA :  Porprov Lampung 2022, Tim Futsal Lambar Melaju ke Final

Berdasarkan laporan Ketua LP3M Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., 43 peserta PEKERTI Batch 1 terdiri dari 3 dosen FH, 4 dosen FISIP, 9 dosen FK , 10 dosen FKIP, 4 dosen FMIPA, 9 dosen FP, dan 4 dosen FT. Para peserta selanjutnya diharuskan mengikuti pelatihan selama 64 jam tatap muka dan 20 jam tugas mandiri/praktik dengan materi sebanyak 19 pokok bahasan.***

Komentar