Ketua PMI Lambar Edi Novial Bentuk Tim Khusus yang lakukan Kajian Berdirinya Unit Donor Darah PMI LB

KRAKATOA.Com, LAMPUNG BARAT — Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Lampung Barat Edi Novial kemarin sore Senin (6 /3) memimpin langsung Rapat Kerja (Raker) PMI untuk yang pertama di tahun 2023 di Markas PMI di Lingkungan Sukajadi , Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit.

“Ya rapat kemaren berlangung hingga malam sekitar pkl 19.15 WIB dan dimulai pada pukul 16.00 WIB, ” jelas Edi Novial.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan pada Raker tersebut diantaranya penyampaian hasil Musyawarah Kerja PMI Propinsi Lampung (Mukerprov) ke IX tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2023 di Hotel Emersia Bandar Lampung .

“Alhamdulillah pada Muker Prop PMI bulan kemaren saya telah menyampaikan program program kerja PMI Kabupaten Lampung Barat dan saya melihat program kerjanya PMI Lambar cukup lebih aktif jika kita bandingkan dengan beberapa kab/kota lainnya, untuk itu saya pada Raker ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap pengurus . Relawan dan pihak pihak lainnya yang telah bersinergi dengan baik bersama PMI LB untuk hadirkan program program yang bemanfaat bagi masyarakat Lambar dan untuk juga perkembangan organisasi ini ,” jelas Edi Novial.

Edi Novial juga menyampaikan bahwa PMI Propinsi Lampung telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) Lampung tentang Sinergisitas Kegiatan Sosial Kemanusian .

“Kita PMI Kabupaten Lampung Barat akan segera melakukan rapat bersama dengan PPNI Lampung Barat terkait MoU ini , ini guna mmengkoordunasikan ruang lingkup yang tertuang di MoU tersebut seperti : penanggulangan bencana , pelayanan sosial dan kesehatan , donor darah , pendidikan dan pelatihan , tenaga sukarela , penelitian , penggalangan donasi dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya , ” jelas Ketua PMI Lambar Edi Novial yang juga Ketua DPRD Lampung Barat tersebut.

BACA JUGA :  Uskup Baru Keuskupan Sufragan Tanjungkarang Romo Reverendus Dominus (RD) Vinsensius Setiawan Triatmojo

Sementara itu terkait akan berdirinya Unit Donor Darah ( UDD) di bawah PMI Lambar saat ini PMI Lambar telah membuat Tim Khusus.

“Ya tim khusus ini yang akan berkerja untuk melakukan penilaian terkait cita cita PMI Lambar akan mendirikan UDD , segera saya tanda tangani dan saya minta tim berkerja selama dua minggu untuk mempelajari berdirinya UDD , seperti tentang bangunan tempat UDD ini , penyelenggaraan pelayanannya , kemampuan pelayanannya ,
dan lain lain, ” jelas Edi Novial.

“UDD ini kita pandang sudah sangat di butuhkan karena kebutuhan akan donor darah ini sangat tinggi , keberadaan UDD ini akan sangat membantu keluarga pasien yang membutuhkan donor darah , apakah pasien yang mengalami pendarahan , cuci darah dan sebagainya dimana satu pasien ada yang sampai membutuhkan 3 sampai dengan 7 kantong darah , saya rasa UDD PMI Lambar ini akan jadi salah satu solusi akan hal itu ,” pungkas Edi Novial.***