Tenggelam Saat Mencari Ikan di Sungai Kedung Mayit Raman Utara, Tim SAR Gabungan Evakuasi Hernowo Dalam Keadaan Meninggal Dunia

KRAKATOA.ID, LAMPUNG TIMUR — Hernowo (48), nelayan asal Dusun II Desa Sukaraja Nuban, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur tenggelam saat mencari ikan, tim SAR Gabungan lakukan pencarian pada Rabu (05/04/2023).

Kejadian berawal pada Selasa (04/04) sekitar pukul 14.00 WIB korban sedang mencari ikan dengan cara menebar obat putas di sungai di beberapa titik dengan rekan rekannya.

Kemudian setelah waktunya kembali berkumpul pukul 18.00 WIB untuk pulang korban tidak ada, lalu rekan-rekan korban mengupayakan secara mandiri, namun sampai dengan saat ini korban belum juga diketemukan.

Basarnas Lampung menerima informasi tersebut dari Taufik (BPBD Lampung Timur) pada Rabu (05/04) pukul 15.10 WIB. Menindaklanjuti info tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah mengerahkan 1 tim rescue Kantor Basarnas Lampung menuju lokasi untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Sekitar pukul 18.10 WIB Tim tiba di lokasi kejadian dan langsung berkoordinasi dengan BPBD Lampung Timur, Koramil Raman Utara, Polsek Raman Utara, SatpolPP Raman Utara, aparat desa dan unsur SAR lainnya yang sudah berada di lokasi.
\
Setelah berkoordinasi dan briefing Tim SAR gabungan memutuskan untuk melaksanakan secara visual di sekitar lokasi kejadian dan menggunakan Aqua Eye (Alat Deteksi Bawah Air).

Hingga pukul 21.00 WIB upaya pencarian yang dilakukan belum membuahkan hasil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali pada Kamis (06/04) pagi.

Pada Rabu (05/04) sekitar pukul 23.40 WIB tim SAR Gabungan menerima info dari pihak keluarga yang menunggu di pinggiran sungai bahwa jenazah korban terlihat mengapung sekitar 100 meter dari lokasi kejadian. Tim SAR gabungan langsung menuju lokasi dan mengevakuasi korban.

Akhirnya pada Kamis (06/04) pukul 00.10 WIB tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa menuju rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

BACA JUGA :  Pendaftaran Merek di Lampung Belum Banyak, Kanwil Kemenkumham Lampung Lampung Gelar Sosialisasi Merek Tahun 2023

Dantim Rescue Basarnas Lampung Feriansah melaporkan langsung kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator).

“Korban telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 23.40 WIB. Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah duka,” jelas Feri.***