UKM Kopma Unila Sukses Gelar Jambore Koperasi Nasional

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Lampung (Unila) sukses menggelar acara Jambore Koperasi Nasional (Jamkopnas) di Gedung Balai Pusiban Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Senin, 7 Agustus 2023.

Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional merupakan event rutin yang diselenggarakan atas kerja sama FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia) Pusat dengan Koperasi Mahasiswa Unila sebagai tuan rumah.

Unila diberikan kesempatan menjadi tuan rumah Jamkopnas pada tahun ini karena berhasil menjadi juara umum pada ajang Jamkopnas tahun 2022 di Institut Stiami Jakarta.

Acara bertajuk “Empowering Youth cooperative for a better future” dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasidwaan dan Alumni Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Kepala dinas koperasi dan UKM provinsi lampung, Ketua Umum Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia, Staf Ahli Gubernur Lampung bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan, dan 129 peserta yang terdiri dari 43 tim berasal dari 36 Universitas di seluruh Indonesia.

Acara bertema Empowering Youth Cooperative for a Better Future dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, ketua Umum Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia, staf ahli Gubernur Lampung bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan, serta 129 peserta yang terbagi atas 43 tim berasal dari 36 universitas di seluruh Indonesia.

Dr. Anna dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada UKM Kopma Unila karena berhasil menyelenggarakan acara bergengsi bagi pengurus organisasi koperasi mahasiswa di Universitas yang ada di Indonesia.

“Saya begitu bangga karena tahun ini Kopma Unila sebagai tuan rumah dari acara Jamkopnas. Saya juga berterima kasih dengan Kopma Unila karena telah membawa nama baik Universitas Lampung,” ujarnya.

BACA JUGA :  Memasuki Pencarian Hari ke-4, Tim SAR Gabungan Belum Temukan 1 Orang ABK KM Sumber Mandiri

Selanjutnya, Ir. Zainal Abidin, M.T., mewakili Gubernur Lampung dalam sambutannya menyampaikan, koperasi di era saat ini harus terus berinovasi di sektor bisnis dengan memanfaatkan teknologi dan informasi serta melakukan musyawarah sebagai pondasinya.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk memajukan koperasi yakni dengan meningkatkan literasi perkoperasian serta merangsang generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi.

“Oleh karena itu, acara ini sangat tepat untuk menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda,” ujarnya.

Sementara itu, Syahril Fajri Pratama selaku Ketua Umum Kopma Unila mengatakan, kegiatan Jamkopnas akan berlangsung selama tiga hari, mulai 7 hingga 9 Agustus 2023.

Selain itu akan ada kompetisi enam cabang perlombaan, yaitu Modern Business Plan, Kopma Impact Short Film, Dynamic Essay Competition, Rapid Precision Contest, Intense Debate Challenge, dan lomba Shining Youth.

Jamkopnas juga mengadakan seminar nasional berjudul Peran Koperasi dan UMKM dalam Mewujudkan Ekonomi Hijau Melalui Inovasi dan Kolaborasi Menuju Bisnis Berkelanjutan.

Seminar menghadirkan enam narasumber, yaitu Shinta, S.E., selaku Owner Kripik Shinta, Juan Sha Sha Fitrah selaku Perwakilan Pasar Modal BEI, Sigit Wicaksono selaku Ketua Umum Koperasi Tani Hijau Makmur, Ahmad Zabadi, S.H., M.M selaku Deputi bidang Perkoperasian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Ir. Zainal Abidin, M.T., selaku Staf Ahli Gubernur Lampung bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, serta Drs. Samsurijal Ari selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung.***