Bulog Lampung Gelar Penyaluran Perdana Beras Cadangan Pangan Pemerintah

KRAKATOA.ID, METRO — Menyikapi perkembangan harga beras saat ini, Presiden Jokowi menugaskan Badan Pangan Nasional dan BULOG untuk menyalurkan beras Bantuan Pangan Tahap II yang dijadwalkan pada bulan Oktober menjadi lebih awal disalurkan pada September ini.

Perum BULOG Kanwil Lampung mulai melakukan penyaluran perdana beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam rangka Bantuan Pangan Beras tahap II bagi 830.789 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Penyaluran perdana ditandai dengan penyerahan beras CPP bagi sejumlah 244 KPM di Kelurahan Margorejo, Kecamatan Metro Selatan, pada Senin, 11 September 2023.

“Mulai hari ini serentak se-Indonesia, untuk Lampung kita mulai di Kota Metro dengan program Bantuan Pangan Beras dari cadangan beras pemerintah,” kata Plt. Pimpinan Wilayah (Pinwil) Perum BULOG Kanwil Lampung, Nurman Susilo.

Masing-masing penerima manfaat akan mendapatkan beras sebanyak 10 kg untuk alokasi bulan September, Oktober, dan November 2023.

Penyaluran CPP, selain sebagai pengendali tingkat inflasi juga menyikapi kondisi harga beras yang terus merangkak naik, sehingga diharapkan melalui program Bantuan Pangan Beras harga dapat terkendali bahkan cenderung turun, karena masyarakat telah terbantu dengan menerima bansos tersebut, yang juga mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat.

Bantuan Pangan Beras dari pemerintah ini merupakan program nasional yang dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo, guna memenuhi kebutuhan pangan khususnya beras sebagai bentuk antisipasi dampak El Nino atau kekeringan yang mengakibatkan gagal panen sekaligus dalam rangka pengendalian inflasi.***

BACA JUGA :  23 Mahasiswa Unila dan UM Metro Raih Beasiswa Unggulan