Pertemuan Ilmiah Berkala Ke-XVIII Perdatin di Lampung Berlangsung Sukses

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Penyelenggaraan Pertemuan Ilmiah Berkala (PIB) Ke-XVII Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), di Provinsi Lampung sukses digelar.

Bertema “Back to The Future: From Basic to Advanced Anesthesia & Critical Care”, agenda tiga tahunan yang baru pertama kali diselenggarakan di Bumi Ruwa Jurai itu, berlangsung selama 5 hari 20-25 November 2023, dihadiri sekitar 2000 Dokter, dari seluruh Indonesia, dan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri.

Dari pantauan pada rangkaian acara yang digelar di Novotel Bandar Lampung, Jumat (24/11), para tamu undangan yang hadir disuguhkan fasilitas terbaik. Kemeriahan juga didukung dengan videotron berukuran besar yang mempromosikan wisata Lampung, pertunjukkan seni tari, dan atraksi bela diri asal Lampung, stand pameran kerajinan, kuliner khas Lampung, juga produk obat-obatan, dan peralatan anastesi, turut mendukung dalam kemeriahan event tersebut.

Acara turut dihadiri Gubernur Lampung melalui Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, dan Ketua Umum PP PERDATIN (Irjen. Pol. dr. Asep Hendradiana, SpAn, KIC), Kepala Kepolisian Daerah Lampung, Danrem 043 /Garuda Hitam, Walikota Bandar Lampung, Bupati Mesuji, Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Prov. Lampung, Ketua Perdatin Cabang Lampung, Ketua IDI Wilayah Lampung, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Provinsi Lampung, Ketua IDI Cabang se provinsi Lampung, Ketua Perhimpunan profesi kesehatan se-provinsi Lampung, dan Direktur RS se-Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung melalui Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dalam sambutannya menyampaikan, Pertemuan Ilmiah Berkala PERDATIN, sebagai ajang silaturahmi dan bertukar ilmu para praktisi medis, merupakan momentum penting yang menandakan komitmen kita dalam pengembangan ilmu kedokteran, khususnya di bidang Anesthesia and Critical Care.

Tema “Back To The Future From Basic to Advance Anesthesia and Critical Care” yang diusung dalam PERDATIN XVIII 2023 sungguh menggambarkan semangat untuk selalu melangkah maju sambil tetap mengakar pada dasar-dasar ilmu. Ini mencerminkan semangat keberlanjutan dan inovasi dalam menghadapi dinamika dunia kedokteran, yang senantiasa berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan penelitian ilmiah.

BACA JUGA :  Jenazah Pekerja Migran Korban Perdagangan Orang Terus Berdatangan

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan PIB PERDATIN XVIII 2023. Semoga acara ini menjadi wahana yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan profesionalisme kita. Selamat mengikuti kegiatan ini, semoga kita semua dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia kedokteran di masa depan,” ujar Sekda.

Sementara itu, Ketua Umum PP PERDATIN Irjen. Pol. dr. Asep Hendradiana, SpAn, KIC), M.Kes, menyampaikan, pada pertemuan ilmiah berkala ke-VIII Perdatin ini akan membahas isu-isu terkini dalam praktek anestesi yang berhubungan dengan keselamatan pasien. Sehingga diharapkan para anggota dapat melihat perkembangan pengetahuan dan keterampilan semua aspek ilmu anestesi dasar dan lanjut.

Seluruh pengurus Perdatin periode ini bertekad dapat lebih memfasilitasi kebutuhan akan updating ilmu anestesi praktis, yang mudah diakses dan terjangkau oleh para anggota, sehingga acara pertemuan ilmiah berkala ini dapat menjadi acuan untuk acara-acara ilmiah anestesi yang lain.

“Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta memberikan manfaat. kami berharap kepada seluruh peserta pertemuan ilmiah berkala ke-VIII Perdatin dapat melaksanakan kegiatannya dengan semangat dan sungguh-sungguh, serap sebanyak-banyaknya ilmu keterampilan dan pengalaman dari semua narasumber guna menambah pengetahuan dan keterampilan ilmu anestesi,.untuk dapat diaplikasikan di tempat tugas masing-masing,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Perdatin Lampung, dr. Tori Sepriwan, Sp.An, mengatakan, guna menyukseskan penyelenggaraan PIB ke-XVII di Lampung, persiapan sudah dilakukan dari setahun sebelumnya.

“Alhamdulillah acaranya sukses, seluruh rangkaian acara berjalan sukses, tanpa kendala, dari mulai zoom online sampai sekarang ini semua berjalan dengan sukses. Alhamdulillah Lampung sekali lagi menunjukkan, bahwa kita mampu untuk melakukan event yang maha bergengsi ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wakil Rektor BUK Unila Pantau Sejumlah Bangunan Kampus

Tori menambahkan, dalam event ini tamu yang hadir bisa melihat pameran dari alat-alat anestesi tentunya, untuk pelayanan anastesi, pembiusan, dan perawatan di ICU.

Tindak lanjutnya tentu muaranya adalah keberhasilan pembangunan kesehatan terutama untuk masyarakat Lampung. Anastesi selalu berada di garda terdepan untuk membantu program-program pemerintah Provinsi Lampung.

“Untuk saat ini total jumlah dokter Anestesi sebanyak 45 orang, dan tersebar di seluruh kabupaten kota di wilayah Provinsi Lampung,” tutupnya.

Perlu diketahui, rangkaian PIB Ke-XVIII Perdatin pada malam harinya (24/11) juga menggelar acara Gala Dinner, dan wisata kuliner, dengan ditemani performa spesial Andika Mahesa, dan Lampung Ethnic Fashion Show, yang diadakan di Angel Wing’s Cafe dan Resto.***