Warga Terbanggi Besar Tenggelam di Sungai Way Seputih, Tim SAR Gabungan Temukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

KRAKATOA.ID, LAMPUNG TENGAH — Tim SAR Gabungan temukan Suyatno (60), warga Desa Nambah Dadi SD 3 Dusun 6, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah dalam kondisi meninggal dunia pada Kamis (07/12/2023).

Kejadian berawal pada hari Rabu (06/12/2023) pada pukul 14.00 WIB korban a.n. Suyatno, seorang diri mengambil rumput di seberang sungai Way Seputih. Hingga pukul 16.00 WIB korban belum kembali, kemudian beberapa keluarga korban berangkat ke lokasi untuk menjemput. Sampai di lokasi, pihak keluarga hanya menemukan sepeda dan baju korban, lalu pihak keluarga melaksanakan pencarian mandiri dibantu warga setempat untuk mencari korban namun korban belum ditemukan.

Akhirnya pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke Kantor SAR Lampung untuk meminta bantuan pencarian. Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah langsung mengerahkan personil siaga di kantor untuk menuju lokasi dan melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Tiba di lokasi kejadian pada Kamis (07/12) pukul 00.10 WIB tim langsung melakukan pencarian dengan beberapa unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Babinkamtibmas Polres Lampung Tengah, Babinsa Terbanggi Besar, BPBD Lampung Tengah, dan warga setempat. Hingga pukul 02.00 WIB tim SAR Gabungan melaksanakan pemantauan secara visual di sekitar lokasi kejadian namun belum membuahkan hasil.

Pukul 06.30 WIB tim melaksanakan pencarian kembali dan membagi tim menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit). SRU 1 menggunakan pencarian menggunakan perahu karet. SRU 2 melakukan pencarian dengan menyisir pinggiran sungai sejauh 1 km.

Pukul 09.00 WIB melakukan pencarian menggunakan Aqua Eyes disekitar lokasi kejadian, namun hasil Deteksi belum terdapat Cluster symbol X. Kemudian Tim SAR Gabungan melakukan manuver menggunakan perahu karet Basarnas.

Pukul 10.30 WIB korban terlihat terapung ke permukaan air dalam kondisi meninggal dunia ± 100 M dari lokasi kejadian. Selanjutnya Korban dievakuasi ke rumah duka.

BACA JUGA :  #PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty

Dantim Rescue Kantor SAR Lampung Hendra Wahyu melaporkan langsung kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator). “Korban a.n. Suyatno telah ditemukan oleh tim SAR Gabungan pukul 10.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia,” kata Hendra.***