Unila Gelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

# Dibaca: 27 pengunjung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Sivitas akademika Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022. Kegiatan berlangsung di lapangan sepak bola kampus setempat, Rabu pagi, 17 Agustus 2022.

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia mengusung semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan bersama melalui Presidensil G20 Tahun 2022 dengan peran besar Kemendikbudristek dalam menggalang kolaborasi untuk bergotong-royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru berkreasi dalam mengajar melalui kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Belajar, serta bukti berupa upaya memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program dukungan beasiswa.

Indonesia juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka.

Pada sektor kebudayaan, melalui forum G20, Kemendikbudristek juga mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaik, khususnya di masa pascapandemi.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal kebudayaan pertama di Indonesia yang diluncurkan Kemendikbudristek dan telah memberikan banyak manfaat dari para penggerak budaya di Indonesia.

Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan diluncurkan Kemendikbudristek sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai pelajar Pancasila.

Baca Juga :   BEM Fakultas Hukum Gelar Diskusi Publik Revitalisasi Visi Akademik Unila Menuju Top 10 Universitas Terbaik se-Indonesia

Pada upacara tahunan tersebut rektor Unila juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana 30, 20, dan 10 tahun kepada PNS di lingkungan Unila serta penyerahan sembilan SK Guru Besar.***