UPT PKLI Unila Gelar Orientasi bagi Lima Mahasiswa Asing

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) sambut lima mahasiswa asing pada kegiatan orientasi yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI) di ruang sidang utama Rektorat lantai dua, Rabu, 12 Oktober 2022.

Mereka antara lain Abdul Basit Bashri (Afganistan), Ahmed Zyad Zayed Alsyurafa (Palestina), Muzamil Kakar (Afganistan), Ravollonirina Natacha (Madagaskar), dan Wilayatsyah (Afganistan).

Wakil Rektor Bidang PKTIK Prof. Ir. Suharso, Ph.D., saat membuka acara mengatakan, tujuan program penerimaan mahasiswa asing di Unila salah satunya untuk mengampanyekan Indonesia ke mancanegara melalui program-program sejenis.

Melalui mahasiswa asing alumnus Universitas Lampung, mereka diharapkan menjadi duta penyampai informasi di negaranya masing-masing. Bahkan dalam skup lebih luas ke mancanegara, mereka diharapkan menjadi agen penyebar informasi tentang kerukunan kehidupan, keberagaman suku, budaya, agama, ketertiban, dan ramah-tamah orang Indonesia.

Unila, lanjut Suharso, telah berkomitmen untuk konsisten menyiapkan 40 kuota beasiswa bagi mahasiswa asing dengan mekanisme apabila dalam satu tahun terdapat lima mahasiswa asing yang lulus, maka Unila akan menerima lima mahasiswa asing lagi sebagai pengganti.

“Mereka akan menjadi agen kita untuk mempromosikan Indonesia ke luar negeri. Oleh karena itu Unila telah menyiapkan CSR atau beasiswa ini,” tuturnya.

Untuk membekali mahasiswa asing selama berada di Indonesia, Unila telah menyiapkan sejumlah materi orientasi mengenai peraturan akademik dan nonakademik. Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, khususnya mengenai keimigrasian dan tata hukum orang asing selama di Indonesia dan lain sebagainya.

Materi tersebut disampaikan langsung Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., dan Kasubsi Alih Status Kantor Imigrasi Kelas I Umar Hadi Kesuma.

Turut hadir pada acara yang berlangsung satu hari ini Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S., para wakil dekan bidang akademik, kepala biro, dan beberapa ketua prodi yang memiliki mahasiswa asing.***

BACA JUGA :  Polsek Tanjung Senang Tangkap Pelaku Pencurian Modus Rusak Pintu Rumah

Komentar