Demi Ciptakan Kerukunan Sejati, FKUB Lampung Sapa Jemaat Misa Natal

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung menyapa umat kristiani di Bandarlampung yang merayakan hari raya Natal Minggu (25/12/2022).

Ketua FKUB Lampung, Dr. Mohammad Bahrudin, M.A., bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengunjungi Gereja Katedral Kristus Raja Tanjungkarang, Bandarlampung, usai Misa Natal berlangsung.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan empati dan sukacita bersama pada momen hari raya keagamaan umat Kristiani Natal.

“Selain juga untuk menunjukkan kerukunan yang sejati antar umat beragama,” kata Ketua FKUB Lampung, Dr. Mohammad Bahrudin, M.A., kepada Krakatoa.id, Minggu (25/12/2022)

Dipilihnya Gereja Katedral Kristus Raja Tanjungkarang lanjut Bahrudin karena gereja ini sejatinya merupakan monumen kerukunan umat beragama di Lampung yang belum disadari oleh banyak pihak.Di mana letak gereja berdekatan dengan Masjid Taqwa, bahkan hanya dipisahkan oleh jalan raya.

“Meski posisi gerejan dan masjid berdekatan, jamaah dan jemaat dua komunitas umat beragama tersebut tidak pernah ada konflik, bahkan saling bantu pada saat hari raya keagamaan,” kata Ketua FKUB Lampung.

Ketua FKUB Lampung menambahkan, “jika para pendahulu kita, para leluhur kita, demikian arif dan bijaknya mengenai pendirian rumah ibadah dan kerukunan antar umat bersgsma, maka sudah seharusnya para generasi penerus bangsa, khusunya di Lampung ini, untuk meneladani sikap tersebut,” pungkasnya.

Reverendus Dominus (RD) Agus Sunarto Pamungkas yang menyambut rombongan FKUB Provinsi Lampung dan rombongan. Pada kesempatan tersebut, Romo Agus menyampaikan kerukunan yang terjalin baik selama ini dengan umat muslim khususnya.

“Pengurus gereja biasa membantu menjaga dan mengatur kendaraan jamaah masjid ketika hari raya Idul Fitri atau hari raya kurban,” kata Romo Agus.

Sebagai informasi usai mengunjungi Gereja Katedral Kristus Raja Tanjungkarang, Ketua FKUB Lampung, Dr. Mohammad Bahrudin, M.A., bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Gereja Marturia.***

BACA JUGA :  FKUB Lampung Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Komentar