Tagana Lampung Selatan Berikan Edukasi Dini Kesiapsiagaan Hadapi Bencana di SMK Nurul Huda Pemulihan

KRAKATOA.ID, LAMPUNG SELATAN — Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Selatan memberikan materi mengenai “Simulasi Mitigasi Bencana” di SMK Nurul Huda, Desa Pemulihan, Kecamatan Way Sulan, Kamis (23/2/2023). Materi ini disisipkan pada kegiatan Perkemahan Songsong Ramadan 2023 SMK Nurul Huda, Desa Pemulihan, 23-25 Februari 2023.

Sekretaris Tagana Lampung Selatan, Hasran Hadi menjelaskan pihaknya memberikan materi tentang pengenalan jenis bencana, tugas fungsi Tagana, serta cara penyelamatan diri pemahaman tanda atau rambu-rambu jalur evakuasi dan penetapan titik kumpul serta simulasi.

“Mengingat potensi bencana yang ada di wilayah Kecamatan Way Sulan seperti bencana banjir, angin puting beliung, juga bencana yang sedang terjadi di beberapa wilayah saat ini yaitu gempa bumi, maka kami Tagana dan Pordam
Lampung Selatan memberikan materi ini pada para siswa di SMK Nurul Huda,” jelas Harsan saat dihubungi Krakatoa.id, Kamis (23/2/2023).

Menurut Harsan penanaman mitigasi bencana sejak dini di bagi siswa-siswi di sekolah sangat penting.

“Pemberdayaan anak sejak dini untuk memahami mitigasi bencana merupakan langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana. Dengan harapan pengetahuan yang didapat dari sekolah dapat ditularkan pada lingkungan sekitar dalam rangka mengurangi risiko bencana,” pungkas Harsan.***

BACA JUGA :  Tagana Lampung Selatan Ikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat