Warek PKTIK Unila Pimpin Raker APPBIPA Provinsi Lampung

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A. membuka secara resmi Rapat Kerja Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Provinsi Lampung di Hotel Emersia Bandar Lampung, Kamis 9 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Dr. Ayi menuturkan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling mudah digunakan dalam gramatikal dan struktur komunikasi.

Hal ini terbukti dari pengalaman Unila dalam mendidik mahasiswa asing dari sejumlah negara dalam menggunakan bahasa Indonesia terbilang cepat dan mudah dipahami.

Menurutnya, bahasa Indonesia juga dipengaruhi faktor sosio psikologis yang memungkinkan para penutur asing dapat dengan mudah menguasainya.

Selain dari Afghanistan, mahasiswa asing dari Rusia pun memiliki pengalaman yang sama dengan mudah menuturkan penggunaan bahasa Indonesia dengan cepat.

Selain itu, selaku Ketua APPBIPA Lampung, ia memiliki keyakinan bahwa naiknya jumlah kunjungan-kunjungan wisata dari berbagai negara dan domestik ke Lampung harus disikapi secara positif dan berdampak baik untuk perkembangan penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri.

“APPBIPA akan mengambil peran dan mengoptimalkan peluang di dalam penguatan penggunaan bahasa Indonesia yang lebih luas”, ungkapnya.

Selain itu, ia berharap agar setiap pihak perlu memperhatikan kualitas dan kompetensi dari para pengajar dari masing-masing lembaga untuk dapat mewujudkan hal ini menjadi suatu kegiatan yang lebih baik.***

BACA JUGA :  Mengeksplorasi Beragam Destinasi Kesehatan, Kebugaran dan Sustainable Bersama Marissa Nasution