Rektor Unila Dorong Fakultas Teknik Miliki Jurnal Terindeks Scopus

KRAKATOA.ID, BANDARLAMPUNG — Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., melakukan kunjungan akademik ke fakultas teknik (FT) dalam rangka silaturahmi dan konsolidasi, Kamis, 27 April 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Rektor didampingi ketua senat, para wakil rektor, ketua SPI, direktur pascasarjana, para kepala biro, dan para ketua lembaga di lingkungan kampus.

Dalam pertemuan dengan pimpinan fakultas beserta dosen dan tenaga kependidikan, Rektor Unila menyampaikan beberapa pesan dan arahan. Salah satunya, ia mengaku sangat mengapresiasi komprehensifnya pengelolaan jurnal di FT Unila.

Kendati demikian, ia menekankan saat ini belum ada jurnal FT yang terindeks scopus, bahkan belum ada satu pun yang mengajukan.

Prof. Lusmeilia mendorong FT untuk memiliki jurnal terindeks scopus dan menyatakan bahwa pimpinan rektorat melalui LPPM akan memberikan dukungan jika ada jurnal yang sudah siap mengajukannya seperti halnya fakultas pertanian yang saat ini memiliki dua jurnal terindeks scopus.

Selain itu, Rektor Unila berpesan kepada kajur, kaprodi, dan dosen PA untuk memperhatikan dan mengingatkan para mahasiswa yang mengambil 36 SKS atau berada di semester 9 agar mengajukan keringanan UKT. Ia menegaskan, mahasiswa berhak membayar 50% UKT-nya.

Pesan lain yang disampaikan Prof. Lusmeilia adalah agar FT tidak hanya fokus untuk mendapatkan akreditasi internasional, tapi juga memberikan dukungan pada program studi (prodi) yang masih terakreditasi B.

Ia berharap ke depannya tidak ada lagi prodi yang terakreditasi B dan FT bisa mendapatkan akreditasi unggul serta internasional.

Kunjungan akademik ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi dengan sivitas akademika di fakultas-fakultas dan mengetahui perkembangan kegiatan akademik di masing-masing unit kerja.

Selain itu, kunjungan ini merupakan bagian dari program 100 hari kerja Rektor beserta tim yang akan selesai pada 28 April 2023.

BACA JUGA :  Mutiara Nurhaliza, Mahasiswi FH Wakili Indonesia di Harvard WorldMUN 2024

Dalam upaya meningkatkan akreditasi prodi FT, Wakil Rektor Bidang Akademik akan berkonsolidasi dengan wakil dekan bidang akademik dan kerja sama fakultas teknik.

Rektor Unila berharap, kunjungan akademik tersebut dapat memberikan manfaat dan hasil yang positif bagi FT Unila ke depannya.***